5 Cara Menghilangkan Sifat Posesif Terhadap Pasanganmu Nih Guys

12

Secara ilmiah, rasa ingin memiliki dalam sebuah hubungan adalah hal yang lumrah dirasakan. Namun, apabila rasa tersebut tersalurkan dengan dengan cara yang berlebihan, malah akan memperburuk hubungan yang sedang dijalankan. Hal ini biasanya disebut dengan sifat posesif. 

Posesif adalah suatu sifat yang dimiliki seseorang saat orang tersebut merasa tidak aman dengan hubungan yang dijalani. Sifat tersebut muncul karena dirinya merasa tidak percaya diri dan takut akan hadirnya orang baru yang mungkin lebih baik dari dirinya. Dan seseorang tersebut menjadi parno orang baru itu bisa merebut posisi dirinya dari pasangannya.

Sifat posesif dalam sebuah hubungan merupakan bumerang bagi pasangan itu sendiri. Hal ini dikarenakan bisa membuat hubungan menjadi tidak sehat. Berikut ini beberapa cara menghilangkan sifat posesif terhadap pasangan. Simak selengkapnya dibawah ini ya. 

1. Melupakan Masa Lalu

Cara menghilangkan sifat posesif terhadap pasangan adalah yang pertama adalah dengan mulai melupakan masa lalu. Mungkin sebagian dari kalian pernah membina hubungan asmara selama bertahun – tahun namun berakhir kandas. Harapan untuk bisa membangun rumah tangga sepanjang usia pupus dan kamu terluka hingga trauma. 

Oleh karenanya ketika kamu mulai membuka hati dan menerima orang baru, kamu merasa sangat takut kembali kehilangan dan pada akhirnya kamu berubah dan memiliki sifat posesif.

Ketahuilah kalau tidak semua pasangan itu sama dan pasanganmu saat ini bukanlah mantanmu. Hubungan kalian yang sekarang pantas untuk mendapatkan pengalaman romantisme baru tanpa bayang – bayang sang mantan. Ada baiknya kamu mulai menjalani hidup lebih optimis dan membebaskan diri dari pengalaman dan luka dari masa lalu.

2. Mengurangi Rasa Khawatir

Cara yang kedua adalah dengan selalu mengurangi rasa khawatir.  Rasa insecure atau kekhawatiran yang berlebih bisa menjadi salah satu pemicu seseorang memiliki sifat posesif. 

Rasa khawatir kehilangan perhatian atau rasa cinta pasangan merupakan bentuk rasa insecure. Pasangan sangat tidak ingin bila selalu dicurigai terus menerus padahal dasar dari terbangunnya suatu hubungan adalah komunikasi dan kepercayaan.

3. Tetap Ingat untuk Berdiri Sendiri

Sebelum kamu memiliki pasangan, kamu adalah makhluk sendiri yang harus menjalani kehidupanmu tanpa harus bergantung dengan orang lain. Mulai dari menjalani rutinitas seperti sekolah atau kuliah, bekerja, atau mengatur rumah tangga sekalipun. Selalu ingat kamu harus menyibukkan diri sendiri agar kamu tidak sering merasa insecure. 

Dari sini juga kamu bisa belajar cara mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Dengan mencintai diri sendiri, kamu juga bisa perlahan menghindari memiliki sifat posesif atau ketergantungan terhadap pasangan.

4. Jangan Stalker Pasangan

Kebanyakan dari pasangan ada saja yang sering mengecek isi handphone pasangan. Walaupun memang hanya memiliki niatan untuk iseng, tapi dari kebiasaan itu lah bisa menimbulkan rasa keraguan dan kecurigaan bila pada akhirnya kamu menemukan hal yang aneh di dalam handphone pasangan. 

Dan kalau itu sudah terjadi bisa saja dengan mudah menimbulkan keretakan kepercayaan diantara kalian dan menghancurkan sebuah hubungan.

5. Terbuka

Cara menghilangkan sifat posesif terhadap pasangan yang terakhir adalah memiliki sifat terbuka. Untuk mempertahankan sifat terbuka adalah dengan melakukan komunikasi secara detail.

Kamu harus secara terang – terangan mengetahui apa yang kamu mau dan kamu juga harus mendengarkan secara seksama apa yang pasanganmu mau.

Demikian beberapa cara menghilangkan sifat posesif terhadap pasangan yang harus kamu tahu.