5 Cara Mengatasi Mobil Aki Soak

17

Aki merupakan sumber listrik untuk mobil. Apa jadinya kalo aki tidak mempunyai daya yang cukup atau aki soak, tentu membuat mobil tidak biasa di starter. Ketika aki soak tentu merepotkan bukan. Berikut tahap-tahap dalam mengatasi aki mobil anda yang soak.

  • Pengecekan Air Aki

Kenapa air aki? karena air yang ada di dalam aki berpengaruh dengan daya simpan listrik terhadap aki itu sendiri. Jika di perhatikan akan ada lubang kecil di setiap tutup aki. Dari tutup dengan lubang kecil itu air aki bisa berkurang karena menguap.

Langkah pertama lepas aki dari dengan melepas kutub negative terlebih dahulu, periksa apakah air aki sudah berkurang. Jika sudah sebaiknya di tambah sesuai ukuran maksimal ,dengan menyuntikkan air aki dengan kisaran 1cm sebelum tutup aki.

  • Melakukan jumper

Dengan melakukan jumper dengan mobil/aki yang lain bisa memancing aki untuk membuat mesin hidup. Melakukan jumper bisa menggunakan kabel jumper atau anda bisa menggunakan kabel tembaga yang utuh bukan yang berserabut.

Pastikan dengan teliti untuk menghubungkan kabel dari setiap kutub aki, positif dengan kutub positif begitu juga dengan kutub negative. Setelah itu coba untuk menstarter mobil anda dan ketika mesin hidup biarkan sebentar agar daya pada aki yang soak dapat terisi. Setelah terasa cukup matikan mesin dan lepas jumper, lalu coba lagi untuk menghidupkan mesin.

  • Dorong Mobil

Cara yang satu ini hanya bisa dilakukan jika mobil manual, tetapi jika mobil matic tidak disarankan untuk mendorong mobil. Lakukan usaha untuk mendorong mobil anda, setelah didorong masukkan persneling dari netral ke gigi rendah misal ke gigi tiga. Jika masih belum bisa hidup, coba lagi untuk mendorong agak jauh. Setelah mesin hidup diam sejenak agar daya pada aki terisi atau anda bisa menekan gas pada posisi persneling netral, bisa juga anda membawa mobil anda untuk jalan.

  • Mengecas aki

Jika dengan cara-cara diatas tidak menyelesaikan masalah aki anda, bisa pergi ke tempat cas aki mobil walaupun merogoh kocek sekitar 20ribu.Anda bisa mengecas aki mobil anda dengan kisaran waktu yang paling cepat 2jam, dengan mengecas selama 2jam membuat aki kemungkinan terisi hampir penuh.

  • Ganti Aki

Cara terakhir ,anda bisa mengganti aki soak anda dengan aki baru. Anda bisa membeli baru ataupun  bisa tukar tambah dengan aki soak anda.

Kesimpulan

Jika aki mobil soak tetapi mobil anda manual, anda bisa melakukan cara seperti dia atas dengan melakukan pengecekan dan penambahan air aki, melakukan jumper, mendorong mobil, mengecas aki.

Jika tidak mengatasi langkah terakhir mengganti aki mobil anda dengan yang baru. Tetapi jika mobil anda matic langkah seperti di atas yang tidak disarankan pada tahap no3, yaitu mendorong mobil seperti mobil manual.