5 Cara Menenangkan Hati Menurut Islam

31

Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin. Islam membawa ketenangan dan kedamaian bagi setiap umat yang beriman dan bertakwa. Namun sebagai manusia, rasa cemas, takut, marah, dan kesal tentunya pernah dirasakan karena merupakan fitrah manusia.

Tapi Islam mempunyai cara tersendiri yang mampu meredakan segala keresahan dalam hati manusia. Berikut ini adalah 5 cara menenangkan hati menurut Islam:

1. Sabar

Salah satu yang bisa dilakukan untuk menenangkan hati adalah dengan bersabar. Hanya dengan sabarlah kita dapat menahan diri dari segala perbuatan yang sia-sia yang biasanya dilakukan saat sedang marah atau gelisah.

Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar” (Qs. Al-Baqarah 153).

2. Dzikir

Dzikir adalah mengingat Allah. Dengan memperbanyak menyebut nama Allah, maka hati pun akan jadi lebih tenang.

Allah SWT berfirman yang artinya “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram.” (Q. S Ar-Ra’du : 28).

3. Wudhu

Sesungguhnya marah adalah tiupan dari setan yang berasal dari api, maka dengan berwudhu kobaran api amarah pun bisa direda.

Dari Athiyyah as-Sa’di Radhiyallahu anhu berkata, Rasulullah bersabda:

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

“Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu.” (HR. Abu Daud, no. 4784. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

4. Shalat

Shalat adalah ibadah dimana seorang hamba berhadapan langsung dengan Allah. Dalam shalat tersebut, kita bisa mengadukan segalanya, bahkan yang mustahil sekalipun. Mintalah pertolongan hanya pada Allah karena sesungguhnya Ia-lah penolong satu-satunya.

Allah berfirman :

اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُّتَشَابِهًا مَّثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَمَن يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang , gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.” (QS.Az Zumar : 23)

5. Yakin pada pilihan Allah

Apapun masalah yang dihadapi, sekeras apapun rintangan yang dihadapi, yakinlah bahwa hanya yang terbaiklah yang diberikan Allah pada kita. Yakinkan diri bahwa semua akan berjalan dengan baik pada akhirnya karena Allah menyayangi hamba-hambaNya yang bersabar.

Allah berfirman, “Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata; ‘Ya Tuhanku, perlihatkanlah padaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati’. Allah berfirman ‘Belum yakinkah kamu?’. Ibrahim menjawab ‘Aku telah meyakininya akan tetapi agar hatiku tenang ‘.

Allah berfirman ‘ ambillah empat ekor burung lalu cincanglah kemudian letakkan di atas tiap-tiap satu bukit satu satu bagian dari bagian-bagian itu kemudian panggillah mereka niscaya mereka datang kepadamu dgn segera’. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” .

Itulah 5 cara menenangkan hati menurut Islam. Sungguh Islam adalah agama yang akan selalu mendamaikan dan menenangkan hati penganutnya. Hanya dengan berpegang teguh pada Al Quran dan Hadits, maka hidup pun akan jauh lebih indah dan damai.