5 Cara Mendidik Anak Sejak Dini Tanpa Barang Elektronik Berikut Wajib Dicoba Bunda

8

Memiliki anak yang cerdas berkarakter adalah impian semua orang tua didunia ini, namun seiring dengan perkembangan zaman dimana hadirnya barang-barang elektoronik yang semakin canggih sehingga segala aktivitas saat ini membutuhkan teknologi yang dapat mengefektifkan dan mengefesiensikan pekerjaan.

Namun, tentunya hal tersebut juga memiliki dampak negatif terutama barang-barang elektronik seperti TV dan handphone dapat menghambat tumbuh kembang anak secara baik. Namun, hal tersebut dapat diselesaikan maka dari itu inilah kegiatan yang dapat dilakukan bersama dengan buah hati anda:

1. Melakukan Pendekatan Emosional

Bagi seorang Ayah mendidik anak memiliki tingkat kesulitan tersendiri namun bagi seorang Ibu hal tersebut tidak, Ibu adalah sosok yang paling dekat dengan anak karena Ibu yang mengandung, melahirkan, menyusui, merawat, mendidik hingga menjaganya bukan berarti ayah tidak berperan penting namun tidak bisa dipungkiri pada kenyataannya Ibulah yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak.

Maka dari itu seorang Ibu memang harus memiliki kedekatan emosional yang baik pada anak, tidak hanya Ibu namun juga seorang Ayah harus memiliki kedekatan emosional yang baik bagi anaknya karena sumber kebaikan yang dilakukan oleh anak berasal dari kedua orang tuanya. Apa yang diajarkan dan apa yang kerap mereka katakan pada anaknya.

Maka dari itu ketika kita sudah menjadi orang tua seharusnya rasa emosional kita harus dijaga jangan sampai meluap, atau bagi calon orang tua mulai sekarang yang dulunya kita sering mendapati rasa emosional kita yang tidak stabil maka belajarlah untuk mengontrolnya karena anak-anak tidak butuh kekerasan mereka membutuhkan kasih sayang dari orang tua dan orang-orang di sekitarnya.

2. Tanamkan Jiwa Literasi Sejak Dini

Suka Membaca sejak dini adalah suatu prestasi yang tidak semua orang miliki, ketika anak kita sudah diajarkan untuk selalu membaca daripada memegang handhpone yang lebih berbahaya adalah pilihan yang tepat. Bukankah orang-orang sukses di dunia ini yang mampu mencapai cita-cintanya karena mereka rajin membaca.

Bukan berarti anak-anak harus membaca semua buku tapi berikanlah buku-buku yang ringan mereka baca seperti komik, cerita atau kisah, pantun dan lain sebagainya sedikit lebih baik tapi pasti dari pada tidak sama sekali. Dengan membaca kemampuan anak juga semakin baik secara pikiran dan psikis.

3. Hindarkan Barang Elektronik

Melihat perkembangan zaman yang semakin cepat, dimana teknologi terus mengalami kemajuan maka kita sebagai manusia sosok yang menggunakan barang tersebut haruslah bijak. Jangan sampai kita memiliki handphone atau smartphone lantas dengan mudahnya memberi peluang bagi anak kita untuk menggunakannya.

Tentu kita tahu bahwasanya ketika anak-anak terlalu dini mulai menggunakan smartphone akan merusak kesehatan terutama pada matanya karena terlalu sering menatap layar yang memiliki cahaya yang tidak baik bagi kesehahatan, tidak hanya smartphone tapi juga televisi dan barang elektronik lainnya yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Bukankah dengan bermain menggunakan aktivitas fisik lebih baik dari pada menggunakan barang-barang eletronik seperti smartphone untuk bermain game yang dapat mempercepat datangnya sumber penyakit bagi anak misalnya saja mata bisa cepat rabun. Anak menjadi kecanduan main game sehingga hal yang dikerjakan tiap hari adalah main game sehingga aktivitas produktifnya seperti belajar, membaca dan bermain dengan teman sebayanya tidak dikerjakan lagi tentu sangat disayangkan.

Bukankah dengan bermain menggunakan aktivitas fisik lebih baik dari pada menggunakan barang-barang eletronik seperti smartphone untuk bermain game yang dapat mempercepat datangnya sumber penyakit bagi anak misalnya saja mata bisa cepat rabun, anak menjadi kecanduan main game sehingga hal yang dikerjakan tiap hari adalah main game sehingga aktivitas produktifnya seperti belajar, membaca dan bermain dengan teman sebayanya tidak dikerjakan lagi tentu sangat disayangkan.

4. Lakukan Sosialisasi

Ketika anak-anak memiliki pola sosialisasi sempurna dalam keluarga, maka tumbuh kembangnya juga akan sempurna. Anak yang memiliki pikiran yang cerdas dan jiwa yang sehat adalah salah satu hasil dari kegiatan sosialisasi sempurna yang dilakukan dalam keluarga.

Sering berkomunikasi dengan anak, tidak hanya kedua orang tua tapi juga orang-orang di sekitarnya yang turut andil dalam melakukan komunikasi atau sosialisasi dengan anak maka tumbuh kembang anak menjadi baik.

5. Aktivitas Diluar Rumah

Melakukan aktivitas diluar rumah adalah kebiasaan yang bisa kita lakukan dengan anak kita, anak bisa dibawa ke tempat wisata atau berkebun sehingga menambah pengetahuan anak kita yang tidak didapatkan di bangku sekolah.

Pengalaman-pengalaman yang didapatkan diluar rumah bagi si anak tentunya memberikan kesan yang luar biasa, jangan sampai kita sebagai orang tua terlena karena adanya teknologi super canggih sehingga kita melupakan hak anak kita untuk mendapatkan kasih sayang secara intens dari kita sebagai orangtuanya.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan bersama dengan buah hati anda, semoga dengan melakukan aktivitas tersebut dapat meningkatkan kemampuan anak baik secara internalnya maupun eksternalnya. Semoga bermanfaat.