5 Cara Mencegah Sihir Jahat Yang Hendak Masuk Rumah Dalam Islam!

4

Meskipun dunia sudah semakin modern dan teknologi semakin canggih, namun keberadaan ilmu hitam justru semakin eksis. Bukannya semakin luruh oleh penggunaan teknologi, ilmu hitam justru semakin banyak diminati, terutama untuk kepentingan jabatan dan percintaan.

Dalam Islam, gaib merupakan salah satu hal yang wajib dipercayai. Begitu pula dengan sihir atau ilmu hitam. Sihir memang telah ada sejak zaman Nabi Musa, bahkan Rasulullah pun pernah terkena sihir yang dikirimkan oleh seorang Yahudi. Meskipun begitu, Islam memiliki beberapa cara untuk melindungi keluarga dari serangan sihir yang bisa kamu terapkan setiap hari seperti di bawah ini:

1. Menjauhi Perbuatan Syirik

Meskipun kita mengetahui bahwa suatu masalah atau musibah datang akibat adanya sihir, namun bukan berarti kita harus membalasnya dengan mengirimkan sihir pula. Jauhi perbuatan syirik, bahkan syirik kecil sekalipun untuk melindungi diri dari masuknya setan-setan ke dalam tubuh kita. Allah berfirman,

Allah Azza wa Jalla berfirman :

إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ {99} إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ

Sesungguhnya setan itu tidak ada kekuasaan atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Rabbnya. Sesungguhnya kekuasaan setan hanyalah atas orang-orang yang menjadikannya sebagai pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah”. [An Nahl : 99-100].

2. Menjalankan Perintah Allah

Tidak ada satu pun yang bisa melindungi kita selain Allah SWT, maka penuhi setiap perintahNya dan jauhi segala laranganNya. Dalam sebuah riwayat, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu :

يَا غُلاَمُ ! إنِي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ ، احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ…

“Wahai anak, sesungguhnya aku akan mengajarkanmu beberapa kalimat. Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu…”[12]

3. Menjaga Anak-anak Di Malam Hari

Ketika pergantian siang ke malam, yakni pada sore hari atau tepatnya Maghrib, maka ingatlah untuk menyuruh anak-anak masuk ke dalam rumah. Jaga mereka di dalam rumah dengan mengajarkan mengaji dan ibadah lainnya. Hal ini sesuai dengan nasehat Rasul.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika malam telah masuk -jika kalian berada di sore hari-, maka tahanlah anak-anak kalian. Sesungguhnya setan berkeliaran pada waktu itu. tatkala malam telah datang sejenak, maka lepaskanlah mereka”. [HR Bukhari Muslim].

4. Rajin Membaca Al Quran

Dengan membaca Al Qur’an di dalam rumah, maka rumah akan terlindungi dari setan. Setan tidak akan tahan berada di dalam rumah yang dilantunkan ayat suci Al Qur’an.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Janganlah menjadikan rumah-rumah kalian layaknya kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al Baqarah”.[HR Muslim, kitab Shalatil Musafirina Wa Qasriha, Bab Istihbabi Shalatin Nafilati Fi Baitihi Wa Jawaziha Fil Masjid, hadits no. 780]

5. Memakan Kurma

Ada amalan yang diberikan Rasul yang sangat baik untuk melindungi kita dari serangan sihir jahat, yakni memakan 7 butir kurma Ajwa.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

مَنْ تَصَبَّحَ كُلَّ يَوْمٍ سَبْعَ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً لَمْ يَضُرَّهُ فِي ذَلِكَ الْيَوْمِ سُمٌّ وَلَا سِحْرٌ

“Barangsiapa yang makan tujuh butir kurma ‘ajwah pada setiap pagi, maka racun dan sihir tidak akan mampu membahayakannya pada hari itu”

Itulah beberapa cara mencegah sihir jahat dalam Islam. Semoga kita semua selalu dilindungi oleh Allah SWT dari berbagai macam keburukan di dunia dan akhirat. Amin.