5 Cara Investasi Reksadana Syariah Bagi Pemula

59

Apakah Anda pernah mendengar tentang reksadana? Sudahkan Anda mencari tahu bagaimana sistem investasi reksadana itu? Nah, di era yang identik dengan kemajuan seperti sekarang ini, banyak orang yang telah melakukan investasi dengan menggunakan reksadana. Baik reksadana secara umum maupun reksadana syariah. Masing-masing memiliki keunggulan dan keuntungan tersendiri.

Namun, ternyata masih ada pula masyarakat yang belum begitu memahami dengan apa yang dimaksud dengan reksadana dan bagaimana investasi dengan reksadana tersebut. Ternyata reksadana adalah salah satu bentuk investasi yang memang ditujukan kepada para investor yang sebenarnya tidak memiliki keahlian dalam bidang apapun. Maksudnya di sini adalah para investor tersebut tidak punya keahlian khusus di bidang investasi tapi ada hasrat dan keinginan yang sangat kuat untuk bisa menaikkan pertumbuhan uang. 

Bagi Anda yang baru menjajaki dunia investasi, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu bagaimana cara berinvestasi reksadana. Termasuk jika reksadana yang Anda inginkan adalah reksadana syariah. Itu tandanya, investasi yang akan Anda lakukan adalah jenis investasi yang menggunakan cara kerja sesuai dengan hukum Islam. Adapun untuk mengetahui bagaimana cara berinvestasi reksadana syariah bagi Anda yang seorang pemula, caranya adalah sebagai berikut:

1Pahami Dulu Investasi Reksadana Syariah

Sebelum Anda berinvestasi, paling tidak Anda juga sudah harus mengenal seluk beluk terkait reksadana dan bagaimana reksadana yang dijalankan dengan prinsip investasi syariah itu. Dengan mempelajari tiap detail mengenai reksadana, kemungkinan Anda tertipu akan sangat kecil. Sehingga keuntungan yang Anda ingin dapatkan bisa tercapai.

2Memilih Investasi

Setelah mempelajari semua jenis investasi, pastikan Anda memiliki niat untuk memilih salah satu saja dari sekian banyak jenis investasi tersebut. Pastikan yang sesuai dengan kemampuan Anda dan sesuai dengan kebutuhan Anda pribadi. Jangan memilih jenis investasi yang disukai teman atau memilih karena hasutan teman, karena hal tersebut tidak akan baik untuk jangka waktu ke depan Anda. Jadi pilih yang modal awalnya sesuai dengan kemampuan kantong Anda.

3Memastikan Berprinsip Syariah

Memilih reksadana syariah tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Tidak semua reksadana yang mengatasnamakan syariah, dalam praktiknya benar-benar menjalankan prinsip syariah. Jadi upayakan untuk memastikan kembali bahwa reksadana yang Anda telah pilih adalah reksadana yang berprinsip syariah sejak dalam praktiknya. Salah satu cara yang bisa digunakan yakni dengan mencari informasi dari review para investor yang sudah lebih dulu bergabung dengan reksadana tersebut.

4Memastikan Bisa Kapan Saja Cair

Nah, ini juga merupakan hal yang teramat penting pagi Anda. Pastikan emmilih reksadana yang dapat melayani pencairan dana para investor yang sewaktu-waktu dnegan proses yang cepat dan tanpa dipersulit. Untuk hal yang semacam ini biasanya reksadana yang paling dapat Anda andalkan adalah yang memiliki situs online atau reksadana yang sudah memberi kemudahan bagi para nasabahnya untuk melakukan pencairan dana kapan saja dan di mana saja secara online. Hal ini tentu akan sangat memudahkan Anda apalagi jika tengah berada pada situasi yang sangat sulit.

5Mencari yang Non Pajak

Kenapa harus mencari yang bebas pajak? Mengingat sudah terlalu banyak dana yang Anda keluarkan untuk berinvestasi, usahakan tidak terjebak pada reksadana yang masih mengharuskan Anda mengeluarkan uang untuk membayar pajak. Jadi pastikan saja reksadana yang Anda ikuti ini, untuk keuntungan dan lain-lain sudah merupakan milik Anda, tidak ada potongan-potongan lain, seperti pajak dan lain sebagainya.