5 Bekal yang Harus Kamu Miliki Saat Menjadi Mahasiswa Baru

19

Menjadi mahasiswa baru merupakan tanda bahwa kamu menginjak satu fase lagi untuk menjadi dewasa. Terlebih, ketika kamu diharuskan merantau dan jauh dari keluarga. Memang bukan hal mudah. Agar kamu tetap survive dan tujuanmu tercapai di tanah perantauan, bekali dirimu dengan ini!

1. Pandai bersosialisasi

Saat berada di lingkungan baru, kamu akan menemukan banyak orang baru. Sangat wajib hukumnya, untuk kamu menjadi pribadi yang terbuka. Dengan berkenalan dengan mereka dan menjalin hubungan pertemanan yang baik. Jika perlu, kamu bisa menjalin persahabatan. Jika kamu sudah menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang, saat di tanah rantau. Meskipun kamu jauh dari keluarga kamu masih memiliki keluarga kedua yang akan selalu ada saat kamu senang maupun susah. Mereka akan selalu membantumu jika kamu butuh bantuan, menemanimu saat kamu kesepian dan menjadi sandaran ternyaman saat jauh dari keluarga.

2. Selalu ingat tanggung jawab kepada orang tua

Niat awal kamu pergi ke perantauan adalah mewujudkan cita-cita demi membahagiakan kedua orang tuamu. Saat kamu berada di kampus, kamu akan menemukan banyak tantangan dan tuntutan. Bukan berarti kamu harus putus asa dan tidak menghadapinya sebaik mungkin.

Justru dengan selalu mengingat tanggung jawabku kepada orang tua, kamu akan memiliki kekuatan tersendiri untuk terus berusaha. Jika kamu selalu mengingat tanggung jawabmu kepada orang tuamu, sesulit tugas yang kamu terima, pasti akan kamu kerjakan semampumu dengan sebaik mungkin. Karena kamu akan selalu teringat sosok ayah dan ibumu yang bekerja keras mencari nafkah di rumah untuk mengirimimu uang saku setiap bulannya.

3. Pandai membaca peluang

Jika kamu sungkan karena sering meminta uang, sementara tugas praktikum semakin banyak dan membutuhkan suntikan dana. dan kamu merasa tidak enak meminta uang saku tambahan saat kedua orang tuamu menelpon.

Tidak ada salahnya kamu mencari pekerjaan sampingan. Kamu tidak perlu malu ataupun minder. Justru kamu harus berbangga hati. kamu harus pandai-pandai menemukan peluang untuk bekerja sampingan. seperti menjadi tutor bimbel, berjualan online, atau menjual makanan ringan dan kamu titipkan di kantin kampus.

4. Harus tahan banting

Jika sewaktu SMA kamu sering mengeluh dan menangis ketika mengadu kepada ibumu karena masalah yang kamu hadapi. Sekarang sudah bukan saatnya lagi. Kamu harus selalu tegar menghadapi semua persoalan yang ada di tanah perantauan. Dan berusahalah tidak mengeluh kepada kedua orang tuamu. Karena jika tidak, kamu akan memberi beban kepada mereka dan membuat ayah ibumu cemas memikirkanmu.

5. Selalu menjaga kesehatan

Kesehatan merupakan aset utama yang dimiliki manusia. Jika tubuh tidak sehat, maka segala aktivitas akan terganggu. Begitu pun dengan kamu, jika kamu tidak sungguh-sungguh menjaga kesehatanmu di tanah rantau, segala jadwal yang harus kamu lakukan akan terbengkalai. Bisa jadi, perjalanan kuliahmu tidak lancar karena kamu sering tidak masuk kuliah, atau tertinggal mata kuliah tertentu yang mengakibatkan IPKmu kurang bagus.

Di tanah rantau, segala tentangmu harus kamu urus sendiri. Mulai dari hal kecil sampai yang besar. Kamu tidak boleh telat makan meski tidak ada lagi yang selalu mengingatkanmu saat di rumah, kamu juga tidak boleh begadang terlalu malam meskipun tugasmu tak kunjung selesai.

Ingat, kamu di tanah rantau hanya sebatang kara, pasti akan menyusahkan jika kamu lalai menjaga kesehatanmu dan jatuh sakit.