5 Barang yang Katanya Sampah Tapi Punya Nilai Jual Tinggi Loh Ternyata!

16

Apa yang ada di pikiranmu begitu mendengar kata “sampah” ? Kotor, menjijikkan, sarang penyakit, kuman, dan lainnya. Iya, sebagian masyarakat kita berasumsi demikian dan memang hal ini adanya dan tidak dapat lagi dibantah.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya sampah sendiri bisa memiliki nilai jual dan nilai manfaat untuk kehidupan kita? Sebagian orang mungkin akan tertawa jika mendengar perkataan yang terlontar mengenai nilai jual sampah. Namun, nyatanya sampah memiliki nilai jual dan manfaat loh. Nggak percaya? Yuk kita simak ulasan berikut.

Sampah merupakan sekumpulan benda kotor yang dibagi menjadi dua jenis yaitu non organik dan organik. Sebenarnya dalam keseharian kita, semua sampah yang dihasilkan dari rumah yang dihuni oleh masyarakat Indonesia memiliki manfaat loh. Misalnya saja, sayuran ataupun buah yang membusuk sebenarnya bisa diolah menjadi pupuk organik yang tentunya memberikan keuntungan bagi para petani yang memiliki lahan untuk bercocok tanam.

Sayangnya, beberapa petani tidak telaten membuat pupuk yang berasal dari olahan sayur dan buah yang tidak terpakai. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan kulit bekas potongan buah sebagai campuran bahan untuk membersihkan kaca rumah dan perabotan rumah loh. Wah ekonomis banget nih.

Selain sampah berupa jenis tumbuhan, sampah yang non organik, seperti potongan kayu yang tidak terpakai, botol plastik, kain perca, kertas, dan lainnya itu sebenarnya bisa diolah dan memiliki nilai jual yang tinggi juga loh. Nggak percaya ?

1. Potongan Kayu yang Tidak Terpakai

Kalau kita lihat potongan kayu yang tidak terpakai ini misalnya bisa kita sulap menjadi boneka kayu ataupun menjadi bahan manfaat lainnya yang tentunya memiliki nilai estetika dalam kehidupan kita. Perlunya skill dan kreatifitas dari tangan-tangan berbakat menghasilkan kerajinan nilai jual yang hasilnya lumayan loh.

2. Kain Perca

Kata siapa kain perca tidak memiliki nilai manfaat ? Nyatanya, kain perca memberikan nilai manfaat dan nilai guna jika kita pintar mengolahnya loh. Kain perca sebenarnya bisa kita sulap menjadi selimut yang kemudian dimasukkan dakron, menjadi keset, menjadi boneka tangan, dan masih banyak lagi.

3. Botol Plastik

Siapa bilang botol plastik tidak bisa diolah menjadi barang bermanfaat ? Botol plastik bisa disulap menjadi tempat pensil yang cantik, dompet koin, celengan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

4. Botol Beling

Botol beling juga memiliki nilai manfaat loh, apa saja ya kira-kira? Disulap menjadi vas bunga atau hiasan rumah yang cantik dengan tambahan cat ataupun kain fanel.

5. Bungkus Kemasan

Biasanya setelah kita membeli kopi, teh, mie instan, dan lainnya apa yang akan kita lakukan dengan bungkusnya? Tentunya langsung dibuang dong ya ? Tapi kamu tau nggak sih, ternyata ada yang menyulap bungkus-bungkus tersebut menjadi taplak meja dan tas loh. Wah kreatif banget nggak sih ?

Nah itu dia beberapa barang yang katanya nggak ada manfaatnya ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah loh. Wah lumayan ya, selain menambah pendapatan ternyata juga ikut memberikan sumbangsih untuk merawat lingkungan.