5 Aplikasi Chatting Tanpa Menggunakan Paket Data

20

Saat ini semua orang pasti sangat memerlukan chatting atau mengirim pesan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri lagi itu sudah merupakan rutinitas orang setiap harinya. Ada banyak sekali aplikasi chatting yang dapat dijadikan pilihan. Namun kebanyakan dari aplikasi chatting yang ada pasti memerlukan paket data maupun koneksi internet yang stabil supaya kegiatan berkirim pesan dapat dilakukan dengan lancar. Tapi kalian perlu tau nih, ternyata ada loh aplikasi chatting yang nggak memerlukan internet dan paket data untuk mengakses nya. Hmm, lalu pakai apa dong? Yuk simak artikel dibawah ini.

1. Bluetooth Chat

Aplikasi yang pertama yakni bernama Bluetooth Chat. Aplikasi buatan developer bernama “Glodnafid” ini menggunakan teknologi Bluetooth ketika ingin mengirim pesan. Kalian bisa menggunakan aplikasi Bluetooth chat ini untuk chatting dengan teman terdekat kalian tanpa memerlukan koneksi internet. Tetapi jarak antara kalian dengan teman chat kalian tidak bisa terlalu jauh, hanya sebatas jangkauan Bluetooth saja.

2. Briar

Ketika kalian sedang bepergian ke suatu tempat dimana tempat tersebut tidak dijangkau oleh signal atau jaringan internet, kalian bisa menggunakan aplikasi Briar ini agar tetap bisa berkirim kabar dengan teman terdekat. Aplikasi Briar ini memanfaatkan koneksi Bluetooth juga untuk menghubungkan pesan antar client. Pada aplikasi Briar tidak terdapat konsep server pusat sehingga setiap pesan yang dikirim oleh penggunanya langsung diterima oleh pengguna yang dituju. Sehingga privasi dari chat yang dikirim pun lebih rahasia.

3. Textra SMS

Biasanya, jika paket data habis, SMS akan menjadi pilihan pertama untuk menghubungi teman terdekat kita. Nah aplikasi Textra SMS ini bisa banget nih dimanfaatkan ketika sedang offline. Lalu apa bedanya dengan SMS biasa ya? Jadi perbedaannya, di Textra SMS kalian dapat mengirim pesan tanpa menggunakan pulsa walaupun berbeda operator.

4. Signal Offline Messenger

Rekomendasi ke 4 ada aplikasi dengan nama Signal Offline Messenger nih, yang merupakan aplikasi wi-fi direct messenger. Signal offline messenger akan mengirim sinyal guna menemukan perangkat yang paling dekat berada dari kalian. Signal offline messenger akan memberi tahu pengguna yang berada disekitar kita dan yang sedang aktif. Aplikasi ini dapat digunakan dengan jarak maksimal 100 meter.

5. Hike News & Content

Yang terakhir ada aplikasi bernama Hike News & content yang bisa kalian manfaatkan ketika offline. Terdapat banyak fitur yang menarik di aplikasi ini loh. Layaknya aplikasi chatting online, Hike New & Content memiliki lebih dari 5000 stiker yang dapat kalian gunakan secara gratis. Dengan memanfaatkan koneksi wi-fi peer-to-peer Hike News & Content akan dapat digunakan.

Nah itu tadi ya, rekomendasi aplikasi chat yang bisa kalian gunakan secara offline tanpa paket data atau jaringan internet yang stabil. Bisa banget nih jadi alternatif ketika mendadak smartphone kalian kehabisan paket data. Atau bisa juga kalian gunakan untuk menghemat penggunaan data seluler. Selamat mencoba ya.