4 Tips Menyesuaikan Diri di Lingkungan Baru

17

Berada dalam lingkungan yang baru menjadikan beberapa orang merasa terisolasi atau bahkan tidak ingin berbaur dengan lingkungan barunya, alih-alih orang tersebut disebut sebagai makhluk anti sosial. Namun, pada kenyataannya kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa melakukan segala sesuatu tanpa bantuan dari orang lain karena pada dasarnya kita makhluk sosial yang diciptakan Tuhan agar bisa saling membantu satu sama lain. Nah, untuk kamu yang memiliki sedikit masalah masalah jika berada pada kondisi lingkungan baru, ini dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan yaitu:

1. Mampu Memahami Kondisi Sekitar

Berada dalam lingkungan baru, tentu tidak sedikit orang merasa asing bila berada dalam lingkungan yang baru namun hal tersebut bukanlah alasan yang tepat untuk tidak berbaur dengan orang lain. Tentu setiap sifat manusia berbeda-beda ada yang aktif dan tidak, ada yang ceria dan pemalu. Ketika kita berusaha untuk mencoba sifat kita kearah yang lebih baik mengapa harus berpikir dua kali. Cobalah untuk memahami kondisi sekitar kamu jika berada dilingkungan baru. Lihatlah orang-orang di sekelilingmu mereka melakukan aktivitas apa saja dan siapa saja orang tersebut. Sehingga ketika kamu berkenalan atau bertemu dengan mereka, kamu sudah tidak canggung lagi.

2. Mampu Menyesuaikan Diri Dengan Orang Lain

Bukan hanya hewan yang dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan atau habitat barunya tapi manusia juga dituntut akan hal itu. Ada banyak keuntungan jika kita mampu menyesuaikan dengan orang lain, salah satunya adalah relasi kita semakin bertambah dan pengalaman pastinya. Cobalah untuk mengurangi rasa canggung ketika ingin berkenalan dengan orang lain. Setiap manusia diberi kesempatan untuk saling hidup berdampingan saling mengenal dan membantu satu sama lain.

3. Peka Terhadap Lingkungan Sekitar

Selain memahami kondisi sekitar dan mampu menyesuaikan diri dengan orang lain yang tidak kalah penting adalah peka terhadap lingkungan sekitar. Jangan hanya menuntut orang lain untuk selalu peka terhadap kita atau sekitarnya tapi kita harus memulai hal itu dari diri sendiri. Berada dalam lingkungan atau suasana yang baru maka pintar-pintarlah peka terhadap sesuatu. Peka yang dimaksud disini adalah peka terhadap kondisi orang lain, membantu dia ketika mengalami kesusahan. Bisa jadi orang yang telah kita bantu akan membantu kita kembali atau bisa jadi Tuhan yang menolong kita melalui perantara orang lain karena kita tidak pernah tahu kebaikan mana yang akan membuat kita bahagia, mendapat rezeki dan terhindar dari bencana.

4. Tidak Melakukan Aktivitas Yang Merugikan Orang Lain

Terakhir adalah tidak melakukan aktivitas yang dapat merugikan orang lain. Mampu menjaga perasaan orang lain maka orang lain juga tidak akan segan menghargai perasaan kita. Karena tidak sedikit orang mengalami percekcokan jika berada dalam lingkungan baru akibat salah paham atau adanya komunikasi yang tidak searah sehingga menimbulkan berbagai perbedaan pendapat.

Itulah tadi beberapa tips dan trik yang dapat kamu lakukan ketika berada dalam suatu lingkungan yang baru atau berada pada suasana baru, semoga bermanfaat.