4 Tips Mengatur Keuangan Untuk Ibu Muda yang Sedang Dalam Masa Kehamilan!

4

Kehamilan pertama memang selalu mendebarkan. Rasa bahagia tentu akan selalu mengisi hari-hari. Namun ada beberapa hal yang juga harus dipersiapkan selama hamil, terutama keuangan. Kebahagiaan selama kehamilan jangan membuat kita lupa dengan keuangan yang harus dipersiapkan. Bagi kamu yang sedang hamil muda, berikut ini adalah tips mengatur keuangan yang dapat dicoba:

1. Perawatan Ibu Hamil

Menjadi ibu hamil membuat seorang wanita membutuhkan perawatan khusus. Bukan sekedar perawatan tubuh layaknya perawatan salon, tapi perawatan penting seperti pemeriksaan kehamilan, USG, vitamin dan obat-obatan, dan lain-lain.

Biaya yang diperlukan juga tidak sedikit dan harus dipersiapkan setiap bulannya. Maka dari itu, segera sisihkan biaya untuk perawatan tiap bulannya setelah menerima gaji agar kesehatan bayi dan ibu hamil tetap terkontrol.

2. Keperluan Bayi

Sudah jadi kewajiban untuk mempersiapkan kedatangan sang buah hati dengan memenuhi kebutuhan fisiknya nanti. Mulai dari pakaian, bedak, shampo, sabun, popok, dan lainnya harus dipersiapkan. Untuk meringankan pengeluaran yang nilainya mencapai jutaan ini, sebaiknya lakukan dengan mencicil.

Untuk bulan pertama, kamu bisa mulai mencicil pakaian bayi. Bulan kedua, perlengkapan mandi bayi. Dan begitu seterusnya sehingga keuangan kamu tidak akan berantakan karena tiba-tiba harus mengeluarkan dana yang sangat besar.

3. Biaya Mlahirkan

Inilah biaya yang paling besar dari masa kehamilan. Penantian yang akhirnya selesai juga harus dibarengi dengan persiapan dana yang tepat. Biaya melahirkan sendiri bukan hanya sekedar biaya ketika melahirkan, tapi juga kamar dan obat-obatan yang akan diterima setelah melahirkan.

Lain lagi jika kamu menggunakan prosedur operasi caesar yang jelas membutuhkan biaya yang jauh lebih besar dibandingkan melahirkan secara normal. Untuk menanganinya, segera sisihkan uang setelah gajian sesuai dengan pilihan prosedur persalinan.

Jika melahirkan normal biasanya hanya membutuhkan sekitar 1 hingga 2 jutaan sehingga kamu bisa menabung sekitar 300 ribuan setiap bulannya. Jika melahirkan caesar, maka kamu harus menabung lebih banyak karena biaya operasi sekitar 5 hingga 20 juta rupiah.

4. Pendapatan Tambahan

Jika kamu merasa khawatir tentang keuangan ketika melahirkan nanti, maka segera cari pendapatan tambahan sejak mengetahui kelahiran. Kamu bisa menjadi seorang penulis lepas, membuka online shop, atau pekerjaan sampingan lain yang tidak begitu sulit. Ingatlah untuk tidak melakukan pekerjaan yang memberatkan kehamilan. Konsultasikan dengan pasangan sebelum mencari pendapatan tambahan.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan untuk ibu hamil muda. Mempersiapkan segalanya sejak awal pernikahan memang jauh lebih mudah, namun dengan tekad dan kebahagiaan semuanya pun akan terasa nikmat dijalani.