4 Tips Hemat dalam Mengatur Keuangan Sebagai Anak Rantau

7
catatan keuangan

Menjadi anak rantau berarti siap untuk belajar mandiri dalam segala hal. Biasanya masalah utama dari anak yang jauh dari orang tua adalah manajemen keuangan. Ya, sedikit-sedikit beli ini, sedikit-sedikit beli itu. Lalu tanpa sadar uang di dompet habis, saldo di ATM sudah limit. Keahlian mengatur keuangan ini memang butuh trial and error dan sikap tegas dari diri. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu.

  • Petakan Pengeluaran

Buat rencana pengeluaran bulanan dengan memprioritaskan pengeluaran yang penting seperti bayar kost atau kontrakan, jatah makan per hari, keperluan kampus atau kantor. Serta yang paling sering terlewat dana taktis atau jaga-jaga untuk kejadian tidak terduga, seperti sakit. Uang ini juga bisa dianggap tabungan yang tidak akan dikeluarkan tanpa alasan yang mendesak. Contoh alokasi pengeluaran, dari pemasukan yang kamu dapat bagi menjadi bayar kost, untuk makan satu bulan, uang transport ke kampus/ kantor, hiburan, sedekah, dan tabungan.

  • Memasak

Pengeluaran terbesar yang sulit dikontrol adalah pengeluaran untuk makan. Walaupun sudah ada jatah harian untuk makan, terlalu sering membeli membuat kita juga kadang kalap. Bosan juga dengan menu itu-itu saja yang bisa dibeli dengan budget terbatas. Nah, salah satu alternatifnya yaitu memasak. Dengan pengeluaran yang sama untuk jatah makan kita bisa dapat porsi lebih banyak dan sesuai dengan keinginan kalau memasak sendiri. Kalau beli sayur di warung untuk sekali makan, memasak sendiri dengan budget yang sama sayur bisa untuk dua kali makan. Kalau kamu termasuk yang tidak terlalu ahli dalam bidang memasak, paling tidak kamu memasak nasi sendiri. Jadi bisa hemat 3 ribu sampai 5 ribu. Ini harga di warung ya.

  • Beli Sesuai Kebutuhan

Jangan lapar mata melihat barang-barang diskon di online shop. Itu celah dari dompet menipis secara halus. Beli barang yang dibutuhkan bukan karena lucu. Termasuk jangan sering jajan. Mending makan berat dan mengenyangkan. Tegas sama diri sendiri itu perlu lho.

  • Sedekah

Lho, kenapa malah sedekah? Eitss, teman-teman sering lupa kalau sedekah itu justru melancarkan rezeki. Tidak terbatas dalam bentuk uang saja tetapi juga rezeki kelapangan hati. Dengan sedekah kita akan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki. Bahwa ada banyak orang yang masih susah untuk sekadar makan sekali sehari. Jangan lupa ya!

Sekian tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjadi hemat ala anak rantau. Semoga bermanfaat.