4 Tips Belajar Asyik Ala Millenial Tanpa Harus Ketergantungan Hp

17

Belajar merupakan hal yang wajib banget dilakukan untuk para manusia. Belajar bukan hanya ditentukan untuk kalangan pelajar di usia muda saja, tetapi untuk banyak orang tanpa dibatasi usia.

Belajar bertujuan untuk mengulang kembali ilmu yang didapat sehingga mudah dipahami di dalam kehidupan sehari-hari. Kalau dulu belajar identik dengan banyak buku bacaan, kini belajar dipermudah dengan penggunaan elektronik buku atau biasa yang kita sebut dengan e-book yang bisa kita akses di smartphone.

Namun, dengan adanya kemudahan tersebut beberapa orang menjadi berbeda lagi tujuannya, biasanya ia menggunakan smartphone-nya untuk browsing mendengarkan lagu dan hal lainnya di luar tujuan belajar.

Nah kira-kira ada tips jitu nggak belajar asyik dengan buku bacaan tanpa terganggu dengan smartphone yang kita miliki ? Jawabannya tentu ada dong. Penasaran ? Berikut jawabannya

1. Jangan Belajar Sambil Rebahan dan Pegang Hp

Belajar sambil rebahan dan sambil memegang hp memang mengasyikkan, tapi tahukah kamu? Nyatanya belajar dengan cara itu justru membuatmu melenceng dari tujuan awalmu untuk mempelajari ilmu yang sudah kamu dapat sebelumnya.

Nah usahakan ketika kamu belajar kamu duduk manis dan fokus pada materi yang sudah kamu catat di buku. Kemudian atur tinggi meja dan pencahayaan lampu agar belajarmu semakin nyaman.

2. Silent Handphone

Usahakan handphonemu berada jauh dari tempat belajarmu. Kamu bisa silent suaranya, atau justru kamu non aktifkan handphone yang kamu punya. Kenapa? Dengan cara ini kamu akan fokus belajar dengan materi yang sedang kamu pelajari.

Lagi pula ketika kamu sedang asyik pada suatu hal tentunya kamu akan terfokus pada satu hal saja bukan ? Nah sama dengan belajar, jika kamu terfokus mengerjakan satu soal yang materinya kamu anggap rumit, kamu akan terus mencari jawabannya hingga dapat. Kalau sudah bisa saja kamu buat rumus simpelnya.

3. Tulis dan Pajang Hasil Catatanmu

Tulis dan pajang hasil catatanmu yang sudah kamu pelajari di meja belajar atau tembok kamarmu. Kamu bisa memajang rumus-rumus yang kamu anggap sulit, cara cepat menghafal, dan lain-lainnya. Sehingga memudahkanmu menghafal dan memahami materi pembelajaran yang ada di sekolah.

4. Jangan Pernah Sentuh Handphone Saat Kamu Belajar

Jangan pernah kamu menyentuh handphone saat kamu belajar. Kenapa? Karena sekali kamu menyentuhnya, kamu nggak akan pernah terlepas dari genggaman handphonemu dan justru membuatmu candu untuk terus menggenggamnya. Hasilnya? Kamu nggak akan belajar dan justru asyik dengan handphonemu.

Itu dia tips asyik belajar yang bisa kamu terapkan di rumah. “Ah kayaknya sulit deh, aku kalau udah kena handphone pastinya mood buat belajar udah ilang”, “kayaknya cara di atas nggak mempan deh buat aku yang udah kecanduan handphone”, “kenapa harus belajar sih, toh sekarang udah ada internet.

Kalo nggak tau jawabannya bisa searching di handphone”. Oke buat kamu yang masih kecanduan handphone, cobalah mulai sekarang kurangi waktu kosongmu untuk menggunakan handphonemu itu, kamu bisa isi waktu luangmu dengan hal yang lain.

Kemudian manfaatkan kemajuan teknologi sekarang ini untuk hal yang bermanfaat, cobalah ketika ada kuis atau soal latihan kamu jawab sebisamu dulu. Kalau sudah selesai semua, kamu bisa gunakan handphone sebagai alat pencocok jawaban.

Ingat kemajuan teknologi itu ada untuk membuat para penggunanya lebih cerdas bukan lebih bergantung pada mereka.