4 Tips Agar Konsisten Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

88
membaca alquran

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang berisi penuntun hidup bagi kaumnya. Tidak ada sedikitpun keraguan yang terkandung dalam Al-Qur’an. Bahkan masalah ilmiah saja, sudah terpecahkan terlebih dahulu dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang lengkap yang mengatur kehidupan manusia dalam segala aspek. Dengan mempelajari al-Qur’an dengan baik dan benar, Insya Allah hidup akan tertata dan lebih baik menurut tuntunan Islam.

Bahkan dengan membaca Al-Quran dapat mendatangkan ketentraman hati yang sangat menentramkan jiwa. Segala kerisauan, kegalauan kesedihan dapat disembuhkan dengan dahsyatnya kekuatan Al-Quran. Itu sebabnya umat muslim dianjurkan untuk rajin membaca Al-Qur’an setiap saat. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara tepat agar rajin membaca Al-Quran setiap hari:

  • Menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an dan hasrat ingin terus membaca sekaligus mempelajarinya

Dengan mencintai akan memudahkan diri sendiri semakin ingin selalu bersama di dekatnya. Begitupun salah satu cara yang perlu dilakukan jika ingin menjadi pribadi yang ajek dalam membaca Al Qur’an. Dengan rasa cinta segala sesuatu yang dilakukan akan semakin menyenangkan. Bahkan akan menumbuhkan rasa ketagihan. Tumbuhkan rasa cinta mendalam terhadap Al-Qur’an. Pelajarilah dengan sungguh-sungguh dan nikmatilah dengan kusyu’.

  • Berkumpulah dengan teman yang sama menyukai belajar Al-Qur’an

Lingkungan adalah salah satu media yang dapat membentuk kepribadian. Oleh sebab itu, cobalah berkumpul dengan komunitas-komunitas atau sekelompok orang yang rutin membaca Al-Qur’an. Misalnya dengan rajin mengikuti kajian tentang ayat-ayat Al-Qur’an, ikut majelis Dan rutinan khataman atau khotmil Qur’an. Dijamin secara perlahan kamu akan terpengaruhi dengan kebiasaan dan kecintaan mereka terhadap Kalam Allah yang sangat agung tersebut.

  • Jangan menunggu waktu luang untuk membaca Al-Qur’an, melainkan luangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an

Jika seharipun saja kamu melalaikannya bisa saja rasa cintamu terkikis sedikit, yang akibatnya kamu semakin menjauh dengannya. Begitupun dengan berusaha konsisten membaca Al-Qur’an. Meskipun sesibuk apapun jadwal yang harus kamu jalani, sebaiknya jangan menduakan kerutinanmu membaca Al-Qur’an. Jangan menunggu waktu luang untuk membacanya, sebab kamu tidak akan menemukan waktu luang dan selalu saja ada alasan. Namun ketika kamu meluangkan waktu untuk tetap konsisten membaca Al-Qur’an. Seakan kesibukanmu tertunduk kepada apa yang kamu kehendaki.

  • Pahamilah isi kandungan Al-Qur’an, yaitu dengan mengikuti pengajian di pesantren atau mencari guru ngaji

Dengan memahami isi kandungan Al-Qur’an. Bisa menuntunmu tahu lebih dalam tentang apa yang kamu baca. Namun sebaiknya, untuk memahami isi kandungan Al-Qur’an harus didasari dengan ilmu yang menunjang. Memahami isi kandungan Al-Qur’an tidak bisa jika dipahami sendirian tanpa dasar, harus ada guru yang mendampinginya. Sebab itu, carilah majelis ilmu atau pondok pesantren untuk kamu bisa belajar mendalami ilmu Al-Qur’an.

Demikian cara agar bisa konsisten membaca Al-Qur’an setiap hari. Semoga bermanfaat.