4 Sikap yang Sering Dimiliki Pribadi yang Bijak saat Berinteraksi Sosial

19
interaksi sosial

Manusia adalah mahluk sosial. Untuk memenuhi semua kebutuhannya pasti akan membutuhkan manusia lain untuk membantunya. Manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan harus saling bekerja sama.

Namun saat berinteraksi sering kali antara sesama manusia melakukan kesalahan, memang tidak ada yang sempurna dalam kehidupan ini. Namun berusaha menjadi pribadi yang baik yang melakukan perbuatan terpuji sebaiknya terus dilakukan. Berikut ini 5 Sikap yang sering dimiliki pribadi yang bijak saat berinteraksi sosial. Yuk simak:

  • Selalu ramah dan mencoba akrab dengan semua orang

Pasti saat berinteraksi dengan banyak orang kadang mood kita naik turun. Jika mood sedang berantakan seringnya memilih diam bahkan memasang wajah judes. Lebih parahnya bersikap acuh tak acuh dengan orang lain. Sebaiknya itu dihindari ya!

Jika kita selalu ramah dengan semua orang, tanpa membedakan latar belakang orang. Kita akan dimudahkan dalam melakukan banyak urusan, selain itu akan memiliki banyak teman dan sahabat. Hidup akan lebih menyenangkan bukan?

  • Meminta maaf jika melakukan kesalahan tanpa sedikit pun gengsi

Berbuat kekhilafan itu wajar kok. Asal masih dalam batas kewajaran. Misalnya tidak sengaja keceplosan menyinggung perasaan teman, menjatuhkan pensilnya dari meja kerja, atau terlambat saat ketemuan. Harus sekali kamu memulai untuk meminta maaf dan menghangatkan suasana. Meminta maaf bukanlah suatu pekerjaan yang aneh kok. Bukan pula menunjukkan bahwa kamu pecundang. Justru jika kamu berani meminta maaf dan mengakui kesalahan kamu adalah pemenang sesungguhnya.

  • Ringan tangan

Setiap manusia pasti memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Bahkan dalam rangka menyelesaikan pekerjaannya ia pasti membutuhkan uluran tangan orang lain. Baik hal yang sederhana maupun lumayan berat.

Jika suatu peristiwa kamu menemui temanmu, kerabatmu yang membutuhkan bantuan. Boleh sekali kamu membantunya. Misal dia membutuhkan bantuan mengangkat beberapa dokumennya dan di bawa ke mobil, membantu menyiapkan acara hajatan keluarga dan lain sebagainya. Jika waktumu masih luang dan kamu dianggap siap membantu boleh sekali kamu lakukan.

  • Mudah memaafkan

Jika ada orang lain tidak sengaja melakukan kesalahan terhadapmu, jangan serta merta memarahinya dan membencinya. Tahan amarahmu. Terlebih ketika ia memberanikan meminta maaf kepadamu dan meminta maaf. Maafkan saja dan beri kesempatan.

Itulah sahabat dori artikel tentang 4 Sikap yang sering dimiliki pribadi yang bijak saat berinteraksi sosial. Semoga bermanfaat.