4 Sayuran Yang Baik Untuk Penderita Infeksi Saluran Kencing

7

Penyakit infeksi saluran kencing adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem saluran kencing. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh bakteri escherichia coli yang terdapat dalam usus besar atau bakteri sistisis. Selain kedua bakteri tersebut, penyakit infeksi saluran kencing juga dapat diakibatkan oleh organ intim yang terlalu lembab, terlalu sering menahan air kencing, serta mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak bakteri.

Ciri-ciri dari infeksi saluran kencing ditandai dengan rasa nyeri saat buang air kecil, rasa ingin buang air kecil yang terus menerus, sensasi panas atau terbakar setelah buang air kecil dan rasa kram pada pinggang atau kandung kencing seperti terkena nyeri haid. Apakah saat ini Anda sedang terserang penyakit infeksi saluran kencing dan ingin tahu jenis sayuran apa saja yang baik untuk infeksi saluran kencing? Berikut inilah ulasannya untuk anda.

  1. Sayur Brokoli

Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, bayam, kale, collard hijau serta peterseli mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E berperan melawan inflamasi yang disebut dengan cytokines. Sayuran berwarna hijau gelap juga memiliki kandungan vitamin, mineral, kalsium, zat besi serta phytochemical untuk melawan penyakit.

  1. Bayam

Bayam terkenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki nutrisi paling lengkap untuk tubuh. Selain berfungsi sebagai anti inflamasi, bayam juga mengandung lutein atau vitamin A, beta karoten, zat besi untuk penambah darah, vitamin K serta asam folat yang juga bagus untuk Ibu hamil. Bayam adalah sayuran yang sangat rendah kalori dan mampu menurunkan resiko penyakit degenerasi atau keturunan, seperti diabetes.

  1. Kale

Daun kale mungkin belum familiar di Indonesia. Daun kale mirip dengan daun selada namun warnanya lebih hijau gelap. Anda dapat mengolah kale dengan cara ditumis bersama bahan makanan lain atau dibuat menjadi salad sayur yang segar. Kale mengandung banyak sekali manfaat khususnya untuk menyembuhkan penyakit infeksi saluran kencing.

Daun kale mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B, asam folat, asam alpha linolenic serta omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung. Kale juga mengandung lutein, kalium, kalsium, seng, zeaxanthin dan fosfor.Selain itu, kale juga dapat mencegah kanker payudara dan menyerap kandungan kalsium hingga 60 persen dibandingkan dengan segelas susu yang hanya sekitar 30 persen.

  1. Daun Peterseli

Daun peterseli berfungsi sebagai diuretik yang dapat merangsang jumlah urin sehingga memungkinkan bakteri keluar melalui saluran kencing.  Daun peterseli berfungsi sebagai anti inflamasi, menangkal radikal bebas dan mengurangi pembekakan pada saluran kencing. Untuk mengkonsumsi daun peterseli cukup mudah, anda hanya perlu merebus peterseli dan mendiamkannya selama 10 menit. Setelah itu, saring daun peterseli dan minum air rebusan tersebut hingga kondisi anda benar-benar pulih kembali.

Itulah tadi ke 4 jenis sayuran yang baik bagi penderita penyakit infeksi saluran kencing. Anda dapat menjadikan 4 jenis sayuran tersebut sebagai menu sehat anda dalam masa pemulihan setelah terserang penyakit. Tentu saja, selain menjaga asupan makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh, anda juga harus menjaga kebersihan organ kewanitaan dan yang terpenting, jangan sering menahan buang air kecil, ya! semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.