4 Perbedaan Investasi dan Tabungan, Mana yang Lebih Untung?

58

Jika Anda bertanya kepada masyarakat perbedaan antara investasi dengan tabungan, maka sebagian besar pasti akan memberi jawaban, bahwa investasi dan tabungan adalah dua hal yang sebenarnya sama saja, dan hanya beda istilah. Persamaan itu dilihat dari naiknya aset yang dimiliki oleh orang yang menanamkan uangnya untuk investasi dan untuk ditabung. Padahal dari segi cara dan yang lain-lain, praktik investasi dan menabung sama sekali berbeda dan hasilnya pun juga bisa dikatakan berbeda, meski memang pada akhirnya mendatangkan keuntungan berupa finansial juga.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk membedakan antara investasi dengan tabungan. Agar masyarakat awam juga tidak terlalu bingung dengan keduanya. Dan agar masyarakat juga bisa memilih menggunakan investasi atau menggunakan tabungan, sesuai dengan kubutuhannya. Ada beberapa perbedaan antara investasi dan tabungan yang seharusnya Anda ketahui sejak awal. Beberapa perbedaan itu antara lain:

1Dilihat dari Pengertiannya

Jika meninjau dari pengertiannya sendiri, investasi adalah penanaman modal yang mana seseorang yang kemudian disebut investor menanamkan beberapa modal ke suatu perusahaan atau ke suatu instansi, dengan harapan akan dapat mendulang keuntungan di masa yang akan datang.

Sementara tabungan adalah proses seseorang menyimpan uang di bank dengan tujuan untuk bisa digunakan di waktu-waktu tertentu. Biasanya menabung dilakukan secara berangsung-angsur dengan nilai yang beragam, sesuai dengan uang yang tengah Anda punya. Sementara investasi bisa berbentuk emas, saham, uang, dan lain sebagainya.

2Lihat Karakteristiknya

Sebagaimana dijelaskan pada poin pertama, bahwa karakteristik investasi sangat beragam. Tidak hanya berbentuk uang, akan tetapi bisa properti dan lain-lain. Kemudian karakteristik investasi tidak akan bisa dicairkan untuk memenuhi kepentingan yang sifatnya mendadak.

Tidak seperti tabungan yang bisa kapan saja Anda ambil jika kebutuhan Anda memang sedang banyak, dan uang yang Anda pegang tidak mencukupi untuk menutup kebutuhan tersebut. Kemudian, dari segi penambahan nilai aset, investasi bisa lebih cepat memberikan penambahan itu ketimbang tabungan.

3Lihat Persyaratannya

Dari segi persyaratan, membuka rekening tabungan tentunya lebih mudah daripada berinvestasi. Anda tinggal datang ke bank dengan membawa uang minimal 100 ribu rupiah sebagai setoran awal, kemudian melengkapi persyaratan seperti fotocopy kartu tanda penduduk atau kartu surat izin mengemudi dan melampirkan kartu keluarga, rekening tabungan Anda sudah bisa langsung jadi.

Sementara untuk investasi, modal awal yang harus Anda siapkan haruslah besar, karena penanaman modal tentunya tidak bisa diangsur sebagaimana tabungan. Apalagi jika bentuknya bukan uang, melainkan barang seperti properti. Persyaratannya pun cukup rumit karena banyak dokumen kepemilikan yang harus turut dilampirkan.

4Bandingkan Keuntungan yang Didapatkan

Jika melihat keuntungan, sebenarnya baik investasi maupun tabungan sama-sama menguntungkan. Bedanya adalah jika tabungan bisa Anda gunakan dalam waktu dekat, terlebih ketika Anda membutuhkan uang dalam waktu yang mendadak, atau terdapat keadaan yang darurat, Anda bisa menggunakan uang yang ada di tabungan Anda.

Sementara jika Anda berinvestasi, Anda tidak bisa sembarangan mengambil hasil atau separoh aset yang Anda investasikan untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Mengingat jangka waktunya yang panjang, maka investasi hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu ketika masa kontrak misalkan sudah habis, dan lain sebagainya. Sehingga nilai asetnya pun jauh lebih banyak.

Itulah tadi perbedaan antara investasi dan tabungan yang bisa Anda pelajari secara langsung. Dengan mengetahui perbedaan ini, tentu Anda lebih bisa membedakan harus berinvestasi atau cukup dengan menabung.