4 Penyebab Muka Boros Bagi Pria yang Harus Diwapadai! Begini Merawatnya

16

Walaupun seringkali lebih banyak wanita yang memperhatikan penampilannya lebih detail, banyak juga pria yang peduli dengan penampilannya. Beberapa pria sangat memperhatikan apakah wajahnya terlihat tua atau tidak.

Secara umum, akses untuk produk anti – penuaan pria tidak banyak beredar di pasaran dibandingkan wanita.Oleh karena itu, pria harus lebih berhati – hati menjaga keremajaan kulitnya. Walaupun proses biologis penuaan pria lebih lama dibandingkan dengan wanita, namun apabila sering melakukan kebiasaan – kebiasaan yang buruk, akan segera membuat wajah pria juga terlihat lebih boros dari usia yang sebenarnya.

Beberapa pria juga sangat terganggu apabila ada komentar yang mengatakan wajah mereka lebih tua dibandingkan umur mereka. Untuk pria, ada beberapa penyebab muka boros bagi pria. Muka atau wajah boros adalah istilah yang biasa digunakan saat mengatakan seseorang memiliki wajah yang lebih tua dibandingkan usianya.

Dalam artikel ini akan membahas beberapa penyebab muka boros bagi pria. Simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari

Menurut sebuah jurnal kecantikan yaitu jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dermatology, efek dari paparan sinar UV cenderung dapat meningkat mengikuti pertambahan usia seseorang. Penelitian lain mengatakan, seseorang yang terlalu sering terpapar sinar matahari, wajahnya akan terlihat lebih tua dari usia aslinya.

Sinar matahari diketahui hampir 80,3 persen mempengaruhi proses penuaan kulit. Paparan sinar UV juga menyebabkan pigmentasi (perubahan warna kulit) dan perubahan tekstur kulit serta penurunan elastisitas yang dimiliki kulit. Bahkan dapat mengubah warna kulit menjadi kekuningan.

2. Kurang Tidur

Penyebab yang kedua adalah apabila pria tersebut memiliki waktu tidur yang tidak berkualitas. Terlalu sering kurang tidur bagi pria juga dapat mempengaruhi kualitas wajah. Menurut penelitian, kurang tidur dapat menyebabkan sel – sel kulit cepat rusak sehingga dapat mengalami penuaan dini.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Universitas Hospital Case Medical Center mengatakan kualitas tidur yang tidak maksimal sangat berpengaruh dengan kesehatan kulit dan mempercepat kulit mengalami penuaan dini.

Bagi mereka yang kurang tidur, akan tampak pigmentasi dalam kulit yang tidak merata, dan munculnya keriput di beberapa sudut wajah, hingga elastisitas kulit yang mulai menurun.

3. Kurang Tersenyum

Penyebab muka boros bagi pria selanjutnya adalah kurangnya tersenyum. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Singapore Kindness Movement, Dr William Wan, PhD mengungkapkan rahasia penduduk Singapura cenderung memiliki umur yang panjang hingga tua. Mereka sering memberikan senyuman satu sama lain.

Senyuman bila ditinjau dari segi kesehatan, hanya membutuhkan kurang dari 10 otot wajah. Sementara cemberut, membutuhkan sekitar 47 otot wajah. Bagi mereka yang seringkali tersenyum cenderung terlihat lebih muda.

Tersenyum juga dipercaya dapat membuat suasana berubah menjadi lebih baik dan menyenangkan. Bila suasana menjadi lebih baik, pastinya produktivitas akan meningkat.

4. Kurangnya Asupan Sayuran

Asupan makanan juga satu yang harus diperhatikan. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki manfaat untuk mencegah adanya kerutan serta penuaan kulit. Jenis sayuran yang memiliki anti penuaan yang efektif antara lain bayam dan kacang – kacangan.

Dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, bukan tidak mungkin akan mempengaruhi kualitas kesehatan kulit wajah anda.

Demikian beberapa penyebab muka boros bagi pria yang harus kalian perhatikan dan perbaiki agar wajah anda bisa terlihat lebih muda sesuai dengan usia yang dimiliki. Semoga dapat membantu.