4 Pembiasaan Diri Yang Perlu Dibiasakan Oleh Sahabat Millenial

9

Pembiasaan merupakan salah satu cara penerapan nilai karakter di dalam kehidupan manusia. Pembiasaan dalam kehidupan manusia beragam, mulai dari hal kecil hingga hal yang besar. Buat kamu yang sudah terlatih dengan pembiasaan akan paham pentingnya budaya pembiasaan dan akan merasakan manfaatnya.

Namun, beda lagi kalau pembiasaan diterapkan kepada orang yang sikapnya cuek, acuh tak acuh dan masa bodo dengan lingkungan sekitarnya. Padahal kalau kita pelajari lebih lanjut dan mendalam, manfaat dari pembiasaan itu sendiri memiliki pengaruh yang cukup baik dalam hidupnya dan sangat besar bagi dirinya dan orang lain.

Bicara pembiasaan, tentunya dari kecil kita selalu dibiasakan melakukan hal-hal kecil bukan? Namun seiring berjalannya waktu, hal itu terlepas dan bahkan terlupakan begitu saja karena beberapa faktor. Diantaranya seperti :

  1. Malu karena hanya dirinya yang masih menerapkan sikap tersebut.
  2. Tidak ada dukungan dari orang sekitar dan bahkan dianggap remeh.
  3. Rasa kepedulian orang sekitar mulai rendah terhadap pembiasaan hal kecil.

Sahabat dori kira-kira sudah tahu belum, beberapa hal kecil yang dimaksud itu apa saja sih? Kok sampai-sampai kita lupa bahkan menganggap remeh hal kecil tersebut. Berikut ulasannya

1. Meminta Maaf Terlebih Dahulu

Budaya kita meminta maaf terlebih dahulu adalah hal yang remeh dan hina bagi sebagian orang. Bahkan ada yang gengsi karena takut martabatnya jatuh. Padahal kalau kita tahu, definisi maaf yang sesungguhnya bukan justru menghakimi atau menghina orang lain loh guys.

2. Meminta Tolong

Pernahkah kamu meminta bantuan kepada temanmu untuk mengambil sesuatu atau hal lainnya, dengan kata tolong? Jujur saja, mungkin sebagian dari kita hanya ada sekelumit orang yang melakukannya.

Selebihnya mungkin berasumsi, emang segitu pentingnya sampai benar-benar diperhatikan. Jawabannya jelas iya, sangat diperhatikan, karena kamu meminta bantuan orang lain guys, bukan menjadikannya pembantu.

3. Mengucapkan Terima Kasih

Sudahkah kamu mengucapkan terimakasih ketika kamu telah dibantu oleh orang lain? Atau kamu mengucapkan rasa terima kasih ketika kamu diberikan sesuatu saja kepada orang lain? Jawabannya mungkin lebih banyak, Saya biasanya mengucapkan terima kasih kepada orang lain ketika saya diberi sesuatu.

Jujur sebenarnya hal ini adalah miris sekali. Padahal rasa terima kasih diucapkan bukan karena kamu menerima pemberian dari orang lain saja. Akan tetapi, rasa terima kasih bisa kamu ucapkan ketika kamu telah dibantu oleh siapapun.

4. Jalan Membungkuk Ketika Lewat Didepan Orang yang Lebih Tua

Kira-kira kapan terakhir kalian jalan membungkuk di depan orang yang lebih tua usianya dari kamu? 10 tahun yang lalu, 20 tahun yang lalu, atau bahkan saya tidak melakukan hal itu. Ini merupakan sikap yang cukup miris. Kenapa? dari sikap seperti ini dapat dilihat kalau sikap sopanmu.di depan orang tua bernilai nol.

Nah itu dia 4 hal kecil yang sering kita lupakan dan kita sering abaikan karena terlalu banyak rasa gengsi, acuh, dan bersikap bodo amat. Padahal kalau kita ketahui, jika sikap tersebut dapat kita lakukan dengan baik, maka manfaatnya sangat berpengaruh kepada diri kita sendiri, dan orang lain tentunya. Jadi kapan kamu mau berubah ?