4 Orang Ini Diperbolehkan Tidak Berpuasa, Siapa Saja Ya Mereka?

17

Bulan Ramadhan adalah bulan ke-9 dari hitungan hijriah (kalender Islam), di bulan ini kaum muslim diperintahkan untuk berpuasa sebulan penuh. Tak pandang bulu dan suku, baik kaya maupun miskin, baik laki-laki maupun perempuan, baik kulit hitam maupun kulit putih semua diwajibkan berpuasa dengan catatan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. sebagaimana firman Allah dalam Qs. Al-Baqarah ayat 183 :

ياايهاالذين امنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

Yang artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Nah dari ayat di atas sudah jelas banget kan perintahnya, bahkan Allah berseru dengan memanggil hamba-Nya dengan sebutan orang beriman. Dari ayat di atas juga Allah tidak membedakan hamba yang satu dengan yang lain, semuanya sama diwajibkan berpuasa.

Namun, disamping kewajiban di atas, Allah juga memberikan rukhsah (keringanan) bagi para hamba-Nya untuk tidak berpuasa. Kira-kira siapa aja yang mendapat rukhsah untuk tidak berpuasa :

1. Perempuan yang Sedang Berhalangan

Allah memberikan rukhsah kepada perempuan yang sedang berhalangan untuk tidak berpuasa. Hal ini dikarenakan perempuan yang sedang berhalangan tidak memenuhi syarat sah puasa. sehingga nanti di hari lain, perempuan yang berhalangan tadi wajib mengqadha atau mengganti puasa yang ditanggalkannya.

2. Perempuan yang Sedang Hamil dan Menyusui

Islam tidak memberatkan kaumnya, bagi perempuan yang sedang hamil untuk tidak berpuasa. Hal ini dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan ibu dan bayi yang dikandungnya ataupun anaknya. sebagai gantinya Allah memberikan rukhsah kepada perempuan orang yang menyusui ataupun yang sedang hamil, yaitu membayar fidyah atau mengganti puasa di lain hari.

3. Orang yang Sedang Sakit

Orang yang sedang sakit mendapat rukhsah untuk tidak berpuasa, hal ini ditakutkan dapat memperparah sakitnya orangnya tersebut. Sebagai gantinya ia wajib mengqadha atau mengganti puasa di lain waktu.

4. Musafir atau Orang yang Berpergian Jauh

Orang yang berpergian jauh mendapat rukhsah untuk tidak berpuasa. Akan tetapi dilain waktu ia harus mengqadha puasa yang ditinggalkannya.

Nah dari sini kita dapat mengetahui siapa-siapa saja orang yang boleh menanggalkan puasanya dan harus mengganti puasanya tersebut di lain waktu ataupun membayar fidyah. Betapa luas rahmat dan kasih sayang Allah kepada setiap hamba-Nya. Semoga bermanfaat.