4 Oleh – Oleh Khas Purwokerto yang Wajib Dibeli Saat Berkunjung

76
image/pinterest

Dengan adanya sistem informasi yang canggih saat ini, pasti sudah banyak yang tahu tentang kota Purwokerto. Purwokerto merupakan kota  kecil di Jawa Tengah dan ibu kota kabupaten Banyumas. Walaupun Purwokerto adalah kota kecil, namun banyak wisatawan yang berkunjung, entah untuk wisata alam atau kuliner.

Saat kalian akan berkunjung ke Purwokwerto, janganlah lupa untuk memasukan daftar oleh – oleh khas Purwokerto untuk dibeli. Berikut ini adalah 4 oleh – oleh khas Purwokerto yang wajib kalian beli saat berkunjung:

  • Gethuk Goreng

Gethuk goreng merupakan salah satu makanan khas Purwokerto yang wajib kalian jadikan oleh – oleh. Hal ini dikarenakan gethuk goreng tidak bisa kalian temukan di manapun  selain di Purwokerto. Makanan  yang berbahan dasar singkong dengan dipadu gula jawa ini banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke purwokerto.

Ada juga lho varian rasa lain dari gethuk goreng, yaitu rasa coklat dan durian. Perpaduan dari singkong dan coklat ataupun durian juga tak kalah enaknya. Untuk bisa mencoba dan membeli ketiga varian rasa ini, kalian bisa datang langsung ke tokonya di sepanjang jalan Sokaraja dan di Purwokerto dengan harga sekitar 30 ribu sampai 32 ribu per kilo.

  • Mino

Mino juga bisa dijadikan oleh – oleh saat kalian berkunjung ke Purwokerto. Mino sendiri merupakan singkatan dari mini nopia. Walaupun terbuat dari bahan dasar yang sama dengan nopia, namun ada perbedaannya.

Perbedaannya adalah bentuk mino lebih kecil, tetapi isi dari rasa mino lebih padat dibandingkan dengan nopia. Selain itu, varian rasa dari mino juga lebih berasa.

Kalian bisa membeli mino di pusat oleh – oleh Purwokerto di kota Purwokerto atau kalian juga bisa membelinya di toko gethuk goreng, karena selain menjual gethuk goreng, juga menjual mino, dan makanan khas Purwokerto lainnya. Harga mino berkisar 15 ribu sampai 25 ribu per bungkus yang ukuran sedang.

  • Mendoan

Jika kalian berkunjung ke Purwokerto, kalian wajib mencoba mendoan. Mendoan adalah salah satu makanan khas Purwokerto yang terbuat dari adonan tepung dan tempe yang diiris tipis, kemudian digoreng mendo atau digoreng hanya sebentar, kemudian diangkat, dan dihidangkan. Kalian bisa menikmati mendoan yang dihidangkan hangat dengan cabe rawit maupun sambel kecap.

Jika kalian ketagihan dengan kenikmatan rasa dari mendoan, jangan khawatir. Kalian bisa membeli bahan dasarnya di Purwokerto dan diolah di rumah kalian masing – masing. Kalian bisa membeli bahan dasar mendoan di pusat oleh – oleh di Purwokerto.

Biasanya penjual sudah menyediakan satu paket mendoan mentah yang berisi irisan tempe, tepung mendoan yang sudah dibumbui, dan sambal kecap. Dengan harga sekitar 50 ribu sampai 60 ribu, paket mendoan mentah ini juga cocok dijadikan oleh – oleh untuk keluarga dan teman – teman kalian lho.

  • Keripik Tempe 

Berbahan dasar sama dengan mendoan, keripik tempe ini juga tidak kalah diburu wisatawan  yang berkunjung ke Purwokerto. Perbedaan dari mendoan adalah pembuatan keripik tempe ini adalah digoreng lama dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan dan garing.

Rasa dari keripik tempe adalah gurih yang membuat wisatawan tidak bosan untuk menikmati kerpik tempe dan djadikan oleh – oleh. Selain itu, keripik tempe juga mudah didapatkan.

Kalian cukup ke pusat oleh – oleh di purwokerto atau bisa juga ke toko gethuk goreng. Harga keripik tempe berkisar antara 15 ribu sampai 25 ribu per bungkus ukuran sedang.

Jadi, bagi kalian yang sedang berkunjung atau akan berkunjung ke Purwokerto jangan lupa untuk membeli 4 makanan yang ada di artikel ini untuk dijadiakan oleh – oleh. Semoga artikel ini bermanfaat. Have a nice day!