4 Mobil Indonesia yang Ada Fitur Voice Command, Wajib Dicoba!

11

Mungkin selama ini kita mengetahui teknologi Voice command itu adanya di hp atau gadget kita. Seperti SIRI dan assistant google. Tapi, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau fitur Voice command sudah mulai digunakan pada mobil, termasuk mobil-Mobil yang masuk ke indonesia. Mobil-mobil apa saja yang masuk ke indonesia yang menggunakan fitur itu dan berikut ulasannya.

1. MERCEDES-BENZ

Mercedes benz A-Class 2018 adalah mobil pertama mercy yang ada di Indonesia yang menggunakan fitur Voice command. Fitur Voice command mobil ini tersemat dalam sistem infotaimentnya yang dinamakan MBUX Infotaiment sytem.

MBUX (Mercedes-Benz User Experience) ini dapat digunakan untuk mengontrol fitur yang ada di dalam mobil hanya dengan Voice command dengan menggunakan kata “Hey mercedes”. Tp sayang, fitur ini hanya tersedia dalam Bahasa inggris

2. BMW

Sebagai mobil eropa tentu saja tidak mau tertinggal dengan dengan pesaingnya. Mobil-mobil high end BMW keluaran terbaru juga sudah menggunakan Voice command. Tetapi fitur Voice command milik BMW baru bisa  dioperasikan lewat beberapa langkah di head unitnya, agak sedikit ribet memang.

Namun yang unik, pengguna bisa memberi nama kepada mobilnya tersebut. Jadi nantinya fitur tersebut dioperasikan dengan memanggil nama mobil tersebut.

3. Wuling

Pertama kali diluncurkan di Indonesia, mobil-mobil Wuling cukup mengejutkan. Karena, mobil-mobil mereka mempunyai fitur-fitur mobil premium dengan harga jauh dibawah kompetitornya. Pada ajang GIIAS 2019, Wuling kembali membuat kejutan dengan  fitur Voice command yang disematkan pada Wuling Almaz keluaran terbaru.

Bahkan, fitur ini bisa membuka dan menutup kaca jendela, sunroof, mengontrol AC dan banyak hal lain yang bisa dikontrol hanya dengan perintah suara. Dan yang lebih mengejutkannya lagi, Fitur ini sudah menggunakan Bahasa Indonesia.

Menurut Brand Manager Wuling Motor Indonesia, pengguna Almaz yang lama bisa meng-upgrade mobilnya untuk mendapatkan fitur ini.

4. DFSK

Kembali mobil dari tirai bambu yang menyematkan fitur Voice command. Adalah DFSK Glory i-Auto yang mendapatkan fitur ini. Menurut beberapa sumber, Fitur yang dinamakan i-Talk ini akan harus terintegrasi dengan Smartphone.

Meskipun, fitur yang dapat dikontrolnya tak berbeda jauh dengan Almaz. Mobil Glory i-Auto sendiri belum dijual resmi, tapi konsumen sudah bisa melakukan pemesanan di ajang GIIAS 2019.

Perkembangan teknologi semakin maju, dari waktu ke waktu akan ada hal baru yang diciptakan. Mungkin saat ini, nama brand masih menjadi acuan konsumen untuk memilih. Tapi, dengan gebrakan dua pendatang baru dari negeri tirai bambu ini, mungkin akan mengubah penilaian kita di masa yang akan datang.