4 Kebiasaan Buruk yang Jadi Budaya Kantor

16

Kebiasaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang dan menjadi kebudayaan. Dalam suatu tempat kerja, tentunya kita sering menemui beberapa karakter dari tiap orang yang bekerja di tempat yang sama. Nah kebiasaan buruk yang kadang masih saja dilakukan seseorang atau bahkan tanpa kita sadari diri kita sendiri telah melakukan kebiasaan ini secara terus menerus.

Kebiasaan buruk yang menjadi budaya seseorang dalam tempat kerja sebaiknya kita minimalisir dan kita perbaiki. Bukan karena sebab, selain untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Nah kira-kira kebiasaan buruk apa saja sih yang sering dilakukan para pekerja dalam kantor atau tempat kerjanya, ini dia ulasannya.

  • Menunda waktu

Sadar nggak si, kalau kebudayaan di kantor atau tempat kerja yang sering kita lakukan adalah menunda waktu. Contoh nyatanya saja ya, kita janji akan melakukan meeting jam 09.00, tapi kita datang jam 09.15 atau bahkan lebih dari itu.

Mungkin menurut kita ini sepele, tapi tahukah kamu ternyata kebiasaan ini justru merugikan teman kerjamu yang lain. Mungkin sebagian dari mereka memiliki pekerjaan yang menumpuk dan begitu banyak dan rela mereka tinggalkan demi melakukan meeting bersamamu.

  • Menggantungkan sesuatu kepada orang lain

Kebiasaan kita sebagai manusia adalah menggantungkan sesuatu yang kita tidak mampu melakukannya untuk diberikan kepada orang lain atau bahasa yang mudah dipahami ‘jagain orang’.

Nah, padahal di waktu senggang kita bisa belajar banyak hal.untuk mengerjakan suatu hal yang menjadi tanggung jawab kita. Butuh waktu? Jelas, namanya juga belajar. Pasti ada proses sebelum ada hasil. “Kenapa nggak minta tolong A aja sih, dia kan punya skill disitu?” Minta tolong sesekali mungkin bisa ya, kalau sering kali? Apakah dia bisa melakukannya?

  • Mudah mereschedule jadwal

Ketika kamu membuat jadwal, alangkah baiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu. Jangan sampai justru menyulitkan satu pihak atau banyak pihak. Semisal, ada masalah yang harus segera dibicarakan oleh banyak karyawan. Kamu meminta karyawan untuk berkumpul sore ini, namun ketika karyawan sudah berkumpul kamu meminta besok. Tolong jangan sering lakuin ini ya guys.

  • Ketika diberikan arahan, kamu belum paham tapi diam aja

Pernah nggak kamu diberikan arahan oleh atasan kamu dan kamu nggak paham sama intruksinya dan kamu diam aja? Pernah? Sering?

Kalau pernah melakukannya atau sering melakukannya, yuk mulai sekarang perbaiki lah. Kamu nggak mungkin hidup dengan cara yang begitu terus kan? Nah, ada baiknya ketika kamu belum paham kamu tanyakan langsung kepada orang yang bersangkutan.

Nah itu dia sahabat dori, beberapa hal yang sering dilakukan banyak orang ketika bekerja. Yuk mulai sekarang perbaiki diri kita sendiri dan lakukan dari hal yang paling kecil. Semoga bermanfaat.