4 Hewan Langka Milik AM Disita Polisi Saat Penggeledahan

59

Jakarta, 26 Desember 2019 pelaku penodongan kedua pelajar  menggunakan senjata api di kawasan emang, kini polisi menggeledah tempat kediamannya. Rumah pelaku  berlokasi  di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Polisi pada saat penggeledahan menemukan 4 hewan langka dalam keadaan sudah dibekukan atau  dikeraskan, kemudian hewan tersebut disita.

Seperti yang disebutkan Kombes Bastoni selaku Kapolres Metro Jakarta Selatan pada 26 Desember 2019. Bahwa ada 4 hewan langka yang sudah dibekukan tersebut kini diamankan polisi. Diantaranya Burung Cenderawasih, Harimau Sumatera serta 2 ekor Rusa Bawean.

Menurut pernyataan Bastoni, keempat hewan langka ini dibeli oleh AM, pelaku penodongan  untuk dikoleksi. Namun, polisi masih terus mendalami hal ini. Sejumlah saksi pun diperiksa untuk kepastian hukuman yang akan diberikan kepada pelaku. Juga terkait barang-barang yang ditemukan saat proses penggeledahan.

Bastoni juga  menyebutkan akan diselidiki  lebih lanjut terkait sudah berapa lama pelaku memiliki koleksi hewan langka tersebut. Atas   temuan ini, pihak kepolisian bisa saja memberi hukuman kepada pelaku dengan sejumlah pasal tambahan yang berkaitan dengan perlindungan  hewan langka ini.

Bastoni juga memastikan bahwa tersangka pelaku AM sebagai bagian dari Persatuan Penembak Indonesia atau Perbakin DKI Jakarta. AM juga diketahui memperoleh sejumlah senjata ini secara legal atau secara sah.

Kapolres akan bekerja sama dengan Baintelkam Mabes Polri untuk melakukan pengecekan atas sejumlah senjata tersebut. Kerja sama juga dijalin dengan Perbakin.

Sebelumnya AM yang mengendarai Mobil merek Lamborghini dengan body warna  jingga nomor polisi B 27 AYR. AM ditetapkan sebagai tersangka yang melakukan  todongan kepada pelajar SMA di kawasan Kemang, Jakarta Selatan dengan menggunakan senjata api.

Mobil tersebut juga disita polisi, jadi bukan hanya ditetapkan sebagai tersangka. Mobil disita karena  pemilik mobil tidak membayar pajak dan ada sejumlah senjata yang ditemukan di kediaman pelaku.

Penyelidikan tak berhenti sampai di sini saja. Sebab dengan ditemukannya hewan  langka tersebut. Semakin menarik perhatian pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut sehingga nanti ditemukan kebenarannya.

Mengingat beberapa hal yang ditemukan polisi tentang pelaku AM. Maka sejumlah pasal bisa saja dijadikan acuan untuk memberi hukuman kepada AM. Selain ditemukan hewan, AM  seperti yang sudah disebutkan juga melakukan pelanggaran terkait tidak membayar pajak mobilnya maka   mobilnya pun ikut ditahan oleh pihak kepolisian. Setelah dilakukan penggeledahan hari ini Kamis, 26 Desember juga ditemukan hewan langka yang namanya sudah disebutkan di atas. Maka hukuman yang diberikan pihak kepolisian bisa dihitung jumlahnya lebih dari satu.