4 Hal yang Wajib Kita Pelajari Dari Kucing

121


Kucing adalah hewan yang lucu dan baik untuk dipelihara.Kelakuannya yang menggemaskan membuat banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Mereka biasanya menjadikan kucing sebagai teman bermain dan penjaga rumah dari tikus yang akan mengancam makanan rumah.

Kelembutan bulunya juga menyebabkan hewan ini sering dijadikan teman bersantai dan teman tidur.Kucing juga memiliki kebiasaan khusus yang menjadi daya tarik tersendiri yang membedakannya dari hewan lainnya. Namun,kita kita jangan hanya memelihara karena kelucuan dan kegemasannya.

Setiap hewan mempunyai hal-hal atau perilaku yang sebenarnya mengisyaratkan kita untuk mencontohnya.dia akan senang apabila kita mengerti apa yang di isyaratkannya. Banyak sekali perilaku kucing yang harus kita kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Diantara kebiasaan kucing yang harus kita terapkan adalah sebagai berikut.

1.Bertanggung jawab

Kucing memiliki ciri khas sendiri yang membedakannya dengan hewan lain,ciri khas ini yang menjadi daya tarik kucing untuk dijadikan hewan kesayangan oleh majikannya. Kucing akan selalu buang kotoran disatu tempat tidak dimana saja seperti hewan peliharaan lainnya. Ketika kucing telah mengeluarkan kotorannya dia akan menutupnya dengan pasir agar tidak tercium oleh majikannya.

Perilaku ini mewajibkan kepada kita agar kita bertanggung jawab terhadap apa yang kita lakukan. Sehingga kita akan lebih berhati-hati dan lebih waspada dalam berperilaku dan bertindak agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

2.Menuruti perintah majikan

Kebanyakan,kucing yang menjadi peliharaan adalah kucing yang tunduk dan patuh pada majikannya. Dia akan selalu datang dan mengeong ketika majikannya memanggilnya. Hal ini mengisyaratkan kepada kita bahwa kita harus patuh kepada siapa yang telah memberikan kita umur dan nikmat kepada kita.

Kita harus terus berada pada jalanNYA, menaati perintah dan menjauhi laranganNYA. Agar senantiasa kita terus dipelihara dan mendapat kasih sayangNYA. Ingatlah! kucing yang dipelihara bukan kucing yang melawan kepada majikannya.

Bayangkan,apabila kucing peliharaan selalu melawan pada majikannya, bukan kasih sayang yang ia peroleh, namun cacian dan penyiksaan yang ia dapatkan.Kucing yang taat dan patuhlah yang akan senantiasa dirawat dan dipelihara.

3.Menerima apa yang ada

Kucing tidak pernah menolak apa yang diberikan majikannya,bahkan kucing rela memakan tulang ikan sisa majikannya. Ketika tidak ada makananpun kucing rela memakan nasi walaupun itu bukan makanan pokoknya. Sebagai manusia ciptaan Alloh kita harus menerima terhadap pemberiannya,terapkan selalu sifat qonaat dalam diri kita agar kita tenang.

Qonaat adalah sikap selalu menerima apa yang diberikan oleh Alloh dan tidak merasa kecewa atas pemberiannya, jalani apa yang ada sambil terus berusaha untuk mendapat hasil yang terbaik karena apa yang telah diberikan kepada kita adalah terbaik untuk kita dan kita akan jauh dari sikap dengki (tida suka) terhadap orang lain,baik pada harta,jabatan,atau kedudukannya.

4.Tidak pernah menyerah

Kucing akan selalu mengincar hewan yang menjadi incarannya. Kerja keras pantang menyerahlah yang menyebabkan ia berhasil mendapatkan hewan buruannya. Ingatlah kata mutiara dari thomas alfa edison(penemu lampu) bahwa tidak ada yang mudah namun tidak ada yang tidak mungkin.

Kita melihat perjuangan untuk sampai pada tujuannya.Dia terus gagal dalam percobaannya namun dia tetap yakin dan berusaha hingga pada percobaan yang ke 1000 kalinya baru dia berhasil dan melahirkan penemuan yang menggemparkan dan sangat berguna untuk dunia.

Bayangkan pada percobaannya dia menyerah karena saking banyak sekali kegagalannya,mungkin kita tidak akan merasakan terangnya cahaya yang selalu menemani malam kita.Kita harus terus maju berusaha pantang menyerah untuk sampai pada tujuan atau cita-cita yang menjadi prioritas kita.

Tujuan tidak dapat dicapai dengan sikap leha-leha bersantai,ataupun mudah menyerah. Sikap kerja keras dan pantang menyerahlah yang dapat membawa kita kepada tujuan kita.