4 Hal yang Harus diperhatikan Akibat Mandi Malam

18

Pada dasarnya ada banyak penyebab membuat seseorang mandi pada malam hari. Bisa saja karena banyaknya aktivitas di siang hari sehingga tidak ada waktu untuk mandi dan hal lainnya.

Pada saat mandi di malam hari memang bisa membuat badan lebih segar. Terlebih setelah selesai menjalankan aktivitas yang sangat padat di siang harinya. Maka tidak heran ketika selesai mandi malam membuat istirahat tidur menjadi lebih segar.

Terlepas dari kesegaran yang didapatkan pada saat mandi malam. Sebenarnya ada akibat yang bisa saja terjadi dalam tubuh. Hal ini berkaitan erat bagi kesehatan tubuh. Dalam artikel ini akan dibahas apa yang bisa terjadi akibat mandi malam.

Akibat Mandi Malam Pada Kesehatan Tubuh

Terlepas dari kesegaran yang akan dialami ketika mandi malam. Pastikan anda juga mengetahui akibat yang kurang baik bisa dialami bagi tubuh. Diantaranya:

  • Dapat mengakibatkan paru-paru basah

Akibat yang bisa dialami ketika terlalu sering mandi malam pertama yakni dapat mengalami paru-paru basah. Hal ini biasanya terjadi karena suhu air pada malam hari berbeda dengan suhu air pada siang hari. Suhu air akan terasa lebih dingin dari biasanya.

Hal pertama yang bisa saja terjadi yakni mengalami bersin maupun batuk. Namun ketika mandi malam terus dilakukan dalam jangka waktu lama, bisa saja mengakibatkan paru-paru basah. Jadi pikirkan hal ini sebelum anda melakukan mandi malam setiap harinya.

  • Dapat mengakibatkan asam urat

Ketika suhu air sudah berubah menjadi dingin, terutama di malam hari. Hal tersebut bisa membuat persendian tulang juga mengalami hal yang sama. Maka tidak heran bila dingin tersebut bisa menyebabkan asam urat.

Hal ini bisa saja terjadi bila memang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit tersebut. Dikarenakan tulang tidak akan kuat menahan rasa dingin secara lama. Apalagi memang sudah mengalami sakit asam urat sebelumnya. Maka rasa sakit yang dialami akan semakin parah.

  • Dapat mengakibatkan demam

Hal lainnya yang bisa dialami ketika mandi malam yakni demam. Terjadinya demam karena tubuh tidak kuat menahan rasa dingin yang berlebihan. Terlebih bila sebelumnya kondisi tubuh dalam keadaan panas.

Secara otomatis pori-pori kulit akan terbuka, kemudian air dengan suhu yang dingin akan masuk dalam kulit secara instan. Bila memang kondisi tubuh kurang fit, maka secara otomatis akan mengalami demam.

  • Dapat mengalami osteoporosis

Osteoporosis akan terjadi karena tulang pada tubuh tidak bisa menyesuaikan rasa dingin yang diterima dari air. Bila memang suhu air masih normal hal tersebut dengan mudah disesuaikan oleh tulang. Namun berbeda lagi bila suhu yang dirasakan berbeda atau jauh dibawah tekanan normal.

Beberapa hal di atas yang perlu anda pertimbangkan sebelum mandi malam. Terlebih dilakukan secara terus menerus. Jadi ada baiknya mengurangi aktivitas di siang hari, ambil waktu dahulu untuk mandi, baru kemudian melanjutkan pekerjaan lainnya.