4 Hal yang Harus Dilakukan agar Sukses Menabung

14
menabung

Pepatah menyebutkan menabung ibarat menimbun hal sedikit namun jika dilakukan terus menerus akan menumpuk menjadi bukit atau banyak orang menyebutkan “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit “. Hal itu selaras apabila kamu rajin menabung setiap hari dan akan memanennya jika sudah saatnya.

Namun, menabung bukanlah perkara mudah. Banyak sekali alasan yang bermunculan untuk menggugurkan niat menyisihkan uang untuk dimasukkan kedalam celengan. Itu sebabnya, penting sekali kamu menyimak ulasan ini agar tekadmu menabung terealisasikan tanpa gagal-gagal terus.

1. Memberi nama celengan

Memberi nama pada bagian tertentu pada celengan bisa kamu lakukan agar kamu tidak gagal-gagal lagi menabung. Misalnya kamu menyisihkan uangmu pada celengan, kamu cukup memberi nama celenganmu. Misal kamu menabung untuk biaya kuliah. Cukup kamu tulis saja dengan kata-kata singkat tapi mengena. Misalnya “Nabung buat menikah menghalalkan kamu”, ” Nabung untuk kuliah”. Karena dalam segi psikologi ternyata hal tersebut cukup berpengaruh lho, terhadap motivasi kamu untuk terus semangat menabung.

2. Menaruh celengan di tempat yang mudah dilihat

Agar kamu semakin semangat menabung, letakkan celengan pada tempat yang mudah terlihat. Seperti di atas meja rias, meja belajar atau tempat strategis lainnya. Karena jika iya, kamu akan lebih mudah memasukkan uang pada celengan ketika kamu berhasil menyisihkan uang saku pada suatu hari.

3. Jangan menyepelekan uang receh

Sebagian orang menganggap remeh uang receh. Bahkan, banyak diantara beberapa orang sengaja meninggalkan uang receh di tempat tertentu. Seperti di meja warkop usai mendapat kembalian. Padahal uang receh itu berarti lho!

Sering kita jumpai di televisi ataupun media informasi lainnya, beberapa orang berhasil membeli mobil, motor ataupun berangkat Haji dari hasil tabungannya yang sebagian banyak adalah uang receh. Memang benar adanya, sekecil apapun nominal uang receh Rp 500-, bahkan Rp 100- memiliki nilai jika digabungkan dengan uang yang lain. Itu sebabnya, setiap kali kamu mendapat kembalian setelah membeli ATK atau jajan dimanapun, tetap simpan uang receh yang kamu terima dan bawa pulang. Sesampai rumah masukkan ke dalam celengan.

4. Menyisihkan uang setiap kali usai gajian atau menerima uang saku

Jika kamu kesulitan mengatur keuanganmu dan selalu mudah ludes. Kamu tidak perlu putus asa. Salah satu jalan yang bisa kamu tempuh adalah menabung tanpa harus menanti uang sisa yang kamu miliki. Caranya, setiap kali kamu gajian saat kerja atau menerima uang saku dari kedua orangtuamu. Langsung saja masukkan sebagian uang yang kamu terima. Dengan seperti itu, kamu tidak ada alasan lagi telat menabung karena kehabisan uang.

Gimana? Masih punya alasan untuk tidak menabung? Yuk lakukan.