4 Faktor Desain Kamar Mandi di Bawah Tangga Agar Terlihat Lebih Menarik

11
Desain Kamar Mandi Bawah Tangga Rumah Minimalis Kekinian

Pada rumah bertingkat, biasanya area bawah tangga akan sering kali menjadi area yang luput dari perhatian. Keseringan, area ini dibiarkan menganggur begitu saja dan akhirnya malah jadi ruang kosong yang tidak enak dipandang sebenarnya dari segi estetika.

Selain itu, area bawah tangga sebenarnya adalah area serbaguna yang bisa digunakan. Apalagi jika rumah Anda adalah rumah bergaya arsitektur minimalis, maka memanfaatkan tempat menjadi hunian yang efisien adalah sebuah pilihan bijak untuk menghemat tempat. Area tersebut dapat digunakan menjadi sebuah kamar mandi bawah tangga, daripada dibuat kosong.

Lagipula, dengan menjadikan area ini sebagai kamar mandi. Anda dapat menggunakannya sebagai kamar mandi bagi tamu yang datang ke rumah Anda dan ingin menumpang ke kamar mandi.

Tentunya, akan risih jika kamar mandi pribadi Anda digunakan orang lain selain pihak keluarga. Selain itu, tamu juga tidak perlu masuk terlalu dalam ke rumah Anda, dimana biasanya kamar mandi terletak di bagian belakang.

  1. Siasat Area Miring yang Terbatas

Karena area ini berada di bawah tangga, secara otomatis akan mengikuti bentuk tangga yang miring. Sehingga mengakibatkan area bawah tangga memiliki ketinggian tidak sama rata, hal itu dapat diatasi dengan pemilihan barang-barang untuk digunakan dalam kamar mandi serta cara Anda menempatkannya. Anda dapat menempatkan kloset di bawah bagian yang beratap rendah, lalu wetafel dan cermin di bagian yang beratap tinggi.

  1. Pencahayaan dan Ventilasi

Kamar mandi yang berada di bawah tangga, biasanya memiliki keterbatasan pada pencahayaan dan ventilasi udara. Hal itu akan membuat kamar mandi terasa singup dan lembap. Maka dari itu, Anda dapat menyiasatinya dengan membuat jendela kecil dengan kisi-kisi pelindung pada dinding yang menghadap ke luar rumah. Sehingga udara dan cahaya matahari tetap dapat masuk ke area kamar mandi. Namun, hewan-hewan kecil lainnya tidak akan bisa masuk ke kamar mandi.

  1. Ketinggian

Ketinggian langit-langit kamar mandi di area bawah tangga ini perlu diperhatikan, agar Anda atau tamu Anda tidak terbentur ketika berada di dalamnya. Maka Anda perlu menempatkan fasilitas yang benar-benar dibutuhkan, seperti kloset dan westafel serta cermin. Hal ini didasarkan pada, biasanya kamar mandi bawah tangga disediakan untuk tamu yang ingin buang air atau cuci tangan saja. Jadi, fasilitas seperti shower atau bak mandi tidak terlalu dibutuhkan. Karena keterbatasan ruang pada area ini, akan membuat ruangan terasa penuh dan semakin tidak nyaman apabila Anda menempatkan berbagai barang berukuran besar yang memakan tempat.

  1. Desain

Tentunya, Anda ingin membuat ruangan dalam rumah Anda menjadi nyaman untuk dilihat dan digunakan siapapun. Maka dari itu, Anda dapat memilih berbagai desain yang cocok bagi kamar mandi area bawah tangga rumah Anda. Misalnya dengan pemilihan gaya Victorian yang akan membuat kamar mandi terlihat mewah dan elegan, atau bergaya rustic dengan cermin besar. Pilihlah desain yang cocok sehingga kamar mandi tamu di area bawah tangga, juga akan terlihat nyaman meski memiliki ruang gerak yang terbatas.

Tidak sedikit juga membuat kamar mandi di bawah tangga. Hanya saja, membuat kamr mandi dibawah tangga tidak melalui beberapa tahapan yang tentu saja dapat terlihat lebih bagus dari tampilan dan estetika agar lebih menarik.