4 Fakta Menarik Kevin Sanjaya Si Tangan Petir Dari Indonesia

6

Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil meraih perhatian publik berkat kemampuannya yang sangat meyakinkan di berbagai ajang turnamen bulu tangkis Internasional sejak 2017 lalu. Berbagai gelar juara level super series berhasil ia kantongi bersama pasangan ganda putranya yaitu Marcus Fernaldi Gideon.

Hingga saat ini, ia berhasil menduduki tahta pertama dalam raihan ranking di sektor ganda putra, diikuti oleh pasangan legendaris Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan, dan pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Namun siapa sangka, sebelum menjadi terkenal dan berhasil mempertahankan takhta pertamanya selama dua tahun berturut – turut, Kevin juga sempat merasakan jatuh bangun saat harus berhadapan dengan berbagai kompetisi sebelum menjadi penepak bulu angsa hebat seperti saat ini.

Atlet yang berasal dari PB Djarum kudus ini juga melalui masa – masa sulit dan proses yang sangat panjang. Berikut ini beberapa fakta menarik dari atlet spesialis ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang harus kamu ketahui. Simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Selalu Menangis Kalau Kalah Main

Fakta yang pertama adalah dimana sosok Kevin yang terkenal dengan kemampuannya menyambar kok dan servis yang mengecoh ini ternyata sering menangis. Kevin Sanjaya sewaktu masih remaja, kerap kali menangis saat mengikuti berbagai turnamen di daerah.

Atlet yang berasal dari Jawa Timur ini menurut sang ayah, Sugiarto Sukamuljo, memiliki tingkat ambisius untuk meraih kemenangan yang tinggi. Oleh karena itu, saat mengetahui dirinya kalah, Kevin pun kerap kali menangis karena kesal mengapa ia kalah.

Seperti saat mengikuti Porseni (Pekan Olahraga dan Seni), di Kabupaten Banyuwangi, Kevin dikalahkan oleh lawannya yang lebih senior. Saat itu dia sangat kesal dan sampai ngambek.

2. Sempat Bermain di Sektor Ganda Campuran

Sama seperti pasangannya kali ini yaitu Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya ternyata juga pernah bermain untuk sektor ganda campuran. Kevin Sanjaya sempat bermain di ganda campuran dan ada empat atlet putri yang sempat berpasangan dengan Kevin Sanjaya. Mereka adalah Ni Ketut Mahadewi Istarani, Della Destiara Haris, Greysia Polli, dan juga Masita Mahmudin saat mereka masih dalam level junior.

3. Sempat Ditolak Masuk PB Djarum

Kevin yang merupakan anak kedua dari dua bersaudara itu ternyata pernah mengalami penolakan saat ingin masuk ke PB Djarum, klub yang saat ini menaunginya. Hal ini diungkapkan langsung oleh Yoppy Rosimin, selaku Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Tetapi, beberapa tahun kemudian, Kevin pantang menyerah dan mengikuti kembali audisi PB Djarum pada tahun 2007. Pada saat itu, Kevin akhirnya berhasil lolos seleksi. Berkat motivasi sang ayah yang mengatakan bahwa kalah bukanlah hal yang terpenting, tetapi keinginan untuk tidak menyerahlah yang harus dipertahankan saat memilih untuk menjadi atlet.

4. Pecahkan Rekor Poin BWF

Fakta menarik lainnya yaitu dimana Kevin Sanjaya berhasil memecahkan rekor Badminton World Foundation Record. Bersama Marcus, Kevin berhasil meraih tujuh gelar juara super series pada tahun 2017, dan meraih delapan gelar BWF World Tour berikut satu medali emas Asian Games 2018. Dan hingga Oktober 2019, Kevin/Marcus sudah berhasil meraih lima gelar. Fantastis bukan?

Tidak hanya itu, dengan berbagai gelar juara yang diraih Kevin/Marcus, mereka berdua berhasil mengumpulkan poin diatas 100.000 dan menjadi ganda putra pertama sepanjang sejarah BWF yang berhasil meraih poin melebihi 100.000.