4 Daftar Film yang Mengangkat Perjalanan Hidup Atlet Indonesia

11


Tentu saja banyak sekali pesan moral maupun pesan inspiratif yang terdapat di dalam film – film tersebut. Sehingga seringkali dapat membuat penonton termotivasi baik yang juga memiliki keinginan untuk menjadi atlet ataupun yang ingin menggapai cita – cita mereka.

Sampai tahun ini banyak sekali sineas – sineas terbaik Indonesia yang memproduksi film – film bertemakan atlet Indonesia. Berikut ini beberapa rekomendasi daftar film yang mengangkat tema atlet yang wajib kamu tonton. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

1. KING (2009)

Rekomendasi film bertemakan Atlet pertama adalah film King. Film King menjadi salah satu film yang sukses sebagai film menyajikan perjalanan hidup seorang legenda bulu tangkis bernama Liem Swie King. Film King dirilis tepatnya pada tanggal 25 Juni 2019. 

Di dalam film ini, banyak pesan inspiratif bagaimana perjuangan seorang atlet Bulu Tangkis yang berasal dari desa bernama Guntur untuk mencapai cita – citanya menjadi atlet profesional yang mampu memberikan prestasi dan membanggakan negaranya tercinta, Indonesia.

Guntur atau Liem Swie King kecil berlatih hanya dengan bantuan bapaknya yang ingin anaknya menjadi atlet bulu tangkis. Ia bergabung dan melakukan tanding dalam turnamen – turnamen kecil di daerahnya. Sampai pada suatu waktu berita tentang kemampuan Guntur sampai kepada pihak klub Bulu Tangkis dan Ia pun direkrut dan mendapat pelatihan resmi.

Ari Sihasale menjadi sutradara yang menggarap film ini dan mendapatkan respon dan perhatian cukup tinggi dari penggemar film Indonesia. Film King sendiri juga berhasil masuk beberapa nominasi dalam ajang Festival Film Indonesia.

2. 3 Srikandi (2016)

Rekomendasi film tentang atlet Indonesia selanjutnya adalah 3 Srikandi. Banyak yang tidak mengetahui kalau film ini diangkat dari kisah nyata yaitu perjuangan tiga orang atlet wanita yang merupakan atlet pemanah. Adalaha Kusuma Wardhani, Lilies Handayani, dan juga Nurfitriyana.

Ketiganya merupakan atlet pemanah yang berhasil memenangkan medali di ajang Olimpiade 1988 di Seoul, Korea Selatan untuk pertama kalinya. Mereka bertiga berhasil meraih medali perak untuk kategori panahan beregu.

Atlet pemanah perempuan Indonesia pertama yang memenangkan medali di ajang Olimpiade. Mereka bertiga meraih medali perak untuk panahan beregu di Olimpiade Seoul 1988.

3. Susy Susanti Love All (2019)

Film selanjutnya adalah film Susy Susanti, Love All yang rencananya akan tayang dikuartal kedua tahun 2019. Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup seorang Susy Susanti, mantan atlet tunggal putri Bulu Tangkis Indonesia yang berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade tahun 1992 silam.

Film ini di sutradarai oleh Daniel Mananta yang sebelumnya juga menggarap film Biopik ‘ A Man Called Ahok’. Banyak sekali fakta film Susi Susanti Love All, yang wajib kamu tahu sebelum nonton.

4. 6,9 Detik (2019)

Rekomendasi film selanjutnya yaitu 6,9 Detik yang juga akan tayang di penghujung tahun 2019 ini. Di sutradarai oleh Lola Amaria, film ini mengisahkan tentang perjalanan atlet panjang tebing terbaik yang dimiliki Indonesia bernama Aries Susanti Rahayu yang berhasil mencetak rekor dunia dengan catatan waktu 6,9 detik.

Nah demikian beberapa film tentang atlet Indonesia yang semoga dapat menginspirasi kamu untuk tetap meraih mimpi.