4 Ciri-Ciri Penyakit TBC yang Sudah Parah Wajib Tahu

51

Penyakit tuberculosis atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru manusia. Dari data WHO, setidaknya ada satu orang yang terinfeksi TBC setiap detiknya di dunia. Selain itu, menurut Pusat Data Kemenkes RI, jumlah kasus penyakit ini di Indonesia mencapai lebih dari 400 juta jiwa pada tahun 2017.

Berdasarkan keaktifan bakteri dalam tubuh, TBC terbagi menjadi 2 tipe, yaitu :

  • TBC Laten
    Bakteri yang terdapat pada TBC Laten cenderung berada pada tubuh yang tidak aktif sehingga tidak menimbulkan TBC diawal dan tidak menular, hanya saja juga dapat aktif sewaktu-waktu.
  • TBC Aktif
    Kebalikan dari TBC Laten, bakteri yang terdapat pada TBC Aktif berada pada tubuh yang aktif sehingga sangat mudah menyebabkan infeksi dan menimbulkan gejala TBC dan menular.

Adapun orang-orang yang berisiko tinggi terkena penyakit tuberculosis ini antara lain:

  1. Pengguna narkoba jenis suntik.
  2. Melakukan kontak langsung dengan penderita TBC.
  3. Orang yang bermigrasi ke wilayah yang terdapat kasus TBC.
  4. Orang yang memiliki masalah medis yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh seperti HIV.
  5. Orang yang pernah melakukan operasi transplantasi organ.

Untuk gejalanya, setiap pasien TBC mengalami gejala yang berbeda-beda. Ada yang mengalami batuk secara terus menerus, bahkan ada pun yang tidak merasakan gejala apapun. Untuk lebih mengenal gejala TBC kronis, berikut beberapa penjelasannya:

1. Batuk Terus Menerus Disertai Dengan Dahak dan Bercak Barah

Biasanya, bagi yang terindikasi mengidap penyakit TBC kronis atau yang sudah parah adalah batuk parah yang disertai dengan dahak yang cukup banyak. Ini terjadi akibat adanya infeksi yang mengganggu jalannya pernapasan penderitanya.

Apabila penderita sampai mengalami batuk yang disertai dengan bercak darah dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang, maka kondisi tersebut menandakan bahwa TBC tersebut telah masuk pada tingkat yang parah.

2. Nyeri Dada dan Sesak Nafas

Batuk secara terus menerus biasanya dapat membuat pengidapnya mengalami sesak nafas serta nyeri di dada dan di perut. Hal ini disebabkan karena batuk mendorong diafragma berkali-kali ke atas.

3. Tubuh Menjadi Sering Merasa Lelah

Bagi penderita TBC, tubuh akan lebih sering merasakan kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas fisik. Hal tersebut ditandai dengan kondisi tubuh yang terasa pegal-pegal dan sakit pada kepala.

4. Demam

Salah satu tanda bahwa tubuh sedang terjangkit TBC adalah dengan terjadinya demam pada tubuh si penderita. Ditambah lagi disertai dengan kondisi tubuh yang menggigil berkeringat selama lebih dari 3 minggu, maka hal tersebut harus diwaspadai.

Itulah beberapa tanda-tanda yang menjadi acuan dalam mengenali TBC yang sudah parah. Semoga informasi ini sangat membatu dalam penanganan lebih lanjut atau pun agar kita terhindar dari penyakit serupa.