4 Cara Ngabuburit yang Hemat Tapi Tetap Seru dan Sehat

12

Hai guys bagaimana puasa hari ini? Masih lancar dan semangat? Harus dong, masa setahun sekali saja bolong sih, sayang dong nunggu satu tahun lagi, nanti satu tahun lagi bolong lagi nunggu setahun lagi keburu tua lho.

Bicara mengenai ngabuburit, hal yang satu ini memang nggak akan pernah bisa lepas dari kita di bulan Ramadhan. Katanya sih biar nggak boring nunggu waktu berbuka puasa atau banyak lagi alasan yang bisa kita temukan mengenai ngabuburit ini. Bahkan bagi para jomblo khususnya, moment ini sering sekali dimanfaatkan untuk mencari jodoh. Jadi lumayanlah menunggu waktu buka puasa tiba sambil dapat gandengan buat lebaran.

Maka tidak heran jika banyak sekali orang yang terkadang tidak tanggung-tanggung memilih tempat ngabuburit yang bahkan jauh dan harus mengeluarkan tidak sedikit biaya. Atau bahkan memilih tempat yang kurang tepat sehingga berdampak serius pada keuangan menjelang lebaran. Karena tentu saja jika kita kurang tepat dalam memilih tempat ngabuburit, bukannya hemat malah semakin boros hanya karena laper mata.

Terutama di Momen Ramadhan gini tentu saja banyak sekali jajanan-jajanan baru bermunculan. Dari kuliner khas ramadhan yang hanya buka 1 kali dalam satu tahun sampai dengan jajanan yang aneh unik atau bahkan tergolong baru untuk dicicipi sebagai menu buka puasa.

Namun sebenarnya ngabuburit sendiri sebenarnya tidak begitu di wajibkan dan hanya kegiatan orang-orang iseng yang menjadi tradisi. Ngabuburit bisa saja kita lakukan dengan cara yang hemat dan bahkan sehat lho, apa saja ya? Yuk intip:

1Olahraga

Mungkin saat membaca poin di atas kalian sedikit tidak setuju, karena jelas saja olahraga memerlukan banyak sekali energi. Apalagi untuk yang belum terbiasa, bisa-bisa malah khilaf minum. Wah batal dong! tapi yang dimaksud di sini adalah olahraga ringan seperti yoga, yoga sendiri memiliki efektifitas yang tinggi dan tentu saja memiliki banyak dampak baik bagi tubuh. Bisa jadi saat lebaran nanti kamu jadi lebih glowing, bagi para jomblo mungkin akan segera melepas masa jomblonya!

2Hunting Foto

Mungkin saat kita berbicara mengenai hunting foto, kita akan langsung memikirkan kamera bagus atau sebuah spot yang indah di luar daerah demi mendapatkan sebuah shot yang menarik untuk hasil jepretan yang maksimal. Namun kalian bisa saja melakukannya di rumah, cukup dengan kamera hp kalian dengan spot foto mungkin taman kecil di depan rumah, atau sekedar mencari sebuah angel foto bunga di dalam pot agar menjadi maksimal. Siapa tahu juga justru kamu akan menemukan bakat baru kamu.

3Quality Time Bersama Keluarga

Daripada hanya bermalas-malasan coba saja kegiatan baru seperti membantu ibu memasak untuk buka puasa atau ngobrol sama ayah dan banyak lagi kegiatan yang mungkin saja bisa kamu lakukan bersama keluarga. Terlebih jika akhir-akhir ini kamu sibuk bekerja dan sedikit sekali waktu yang bisa dihabiskan bersama mereka karena lembur atau tuntutan pekerjaan yang lain. Mungkin kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menambah hangat kembali hubungan di keluargamu menjelang lebaran.

4Berkebun

Tidak harus pergi ke kebun yang luas pada umumnya, kalian bisa saja bercocok tanam di dalam pot menanam bunga-bunga untuk lebaran atau sekedar mendesain taman baru. Pasti akan sangat seru dan bermanfaat, siapa tahu nanti tamu-tamu atau saudara yang datang dan berkunjung ke rumahmu menjadi lebih betah dan berlama-lama. Apalagi jika saudara jauh atau teman yang hanya bisa bertemu setahun sekali, bisa sebagai ajang melepas rindu dengan menikmati taman atau tanaman baru. Dan bertanam ini sendiri biasanya akan sangat memakan waktu, yang tanpa dirasakan nanti kamu sudah berada di waktu untuk berbuka puasa.

Nah itulah beberapa kegiatan ngabuburit yang tidak menguras kantong. Selamat mencoba.