4 Cara Mudah Bangkit Dari Keterpurukan

15
terpuruk

Pernahkah kamu merasa gagal dalam hidup kamu? Pernahkah kamu menyalahkan diri kamu karena tak berhasil melakukan sesuatu? Pernahkah kamu terpuruk dalam suatu kegagalan yang sebenarnya bisa kamu maafkan?

Beberapa pertanyaan di atas, sebenarnya secara tidak langsung tidak perlu dijawab langsung melalui mulut, karena hati kecil kita mengatakan “iya saya sering melakukannya”. Tahukah kamu dengan kamu melakukan yang justru membuatmu down seperti menyalahkan diri sendiri, mengumpat kesalahan yang tidak sengaja kamu lakukan, dan masih banyak lagi justru membuat kamu terpuruk. Sebenarnya, kamu bisa saja bangkit dalam keterpurukan dari suatu kegagalan yang pernah ingin kamu capai. Caranya bagaimana? Caranya nggak sulit kok. Mau tau caranya bagaimana? Ini dia ulasannya.

  • Memperbaiki diri sendiri

Ketika kamu mengatakan kamu adalah manusia gagal yang tidak bisa meraih pencapaian, kamu bisa memberikan motivasi pada diri kamu seperti, “tenang kita masih bisa ikut beberapa perlombaan lainnya”, “nggak apa kita kalah sekarang, mungkin besok kita ikut lagi dan kita menjadi pemenangnya”.

Selain itu, kamu bisa memperbaiki diri kamu untuk lebih teliti, lebih disiplin, dan hal lainnya dalam hidup kamu agar kamu bisa mengoreksi juga kesalahan kamu.

  • Berolahraga untuk menghilangkan stress

Kamu masih belum bisa menerima kegagalan dari suatu kompetisi tertentu? Nggak ada salahnya nih, kalau kamu berolahraga. Olahraga memiliki tujuan untuk memberikan kesehatan pada tubuh kita. Tak berhenti disitu saja, ternyata olahraga juga dapat menghilangkan stress dalam hidup kamu lho guys.

  • Belajar menerima diri sendiri

Belajar menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri juga cara yang ampuh untuk menghindari kamu dari keterpurukan lho sahabat dori. Kamu bisa memberikan pujian atau reward dalam diri kamu karena mau berjuang dan berusaha untuk mengikuti kompetisi yang akan kamu ikuti.

  • Andalkan dirimu sendiri bukan orang lain

Usahakan kamu selalu mengandalkan diri kamu sendiri bukan orang lain. Hal ini perlu dilakukan, agar kamu tidak bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan masalah ataupun hal lainnya.

Kalau kamu sudah bergantung dengan orang lain, biasanya kamu juga mudah menyalahkan orang lain karena orang tersebut tidak bisa melakukan apa yang kamu perintahkan atau yang kamu inginkan.

Nah, itu dia ya guys empat cara mudah membangunkanmu dari sikap keterpurukan karena gagal memenangkan suatu kompetisi atau pun hal lainnya. Ingat ya, apapun yang sudah kamu lakukan adalah suatu kemenangan yang sudah kamu capai. Jadi, definisi kemenangan atau keberhasilan bukan dari piala atau sertifikat penghargaan ataupun hadiah lainnya ya, tapi bagaimana kamu berproses menyiapkan suatu kompetisi.