4 Cara Mengecat Dinding Motif Garis yang Bisa Kamu Coba

155

Memiliki rumah yang nyaman dan sejuk tentunya menjadi impian semua orang. Agar tidak terkesan membosankan, tentunya kita perlu menghias rumah kita. Salah satu cara untuk membuat rumah menjadi lebih hidup adalah dengan memberikan warna yang indah pada dinding rumah kita.

Banyak kombinasi warna yang bisa gunakan untuk mengecat dinding, pada umumnya adalah dua warna. Motif atau pola yang bisa kita buat pun beragam, seperti motif garis, polkadot, diagonal, segitiga dan bentuk lainnya. Motif garis adalah motif yang paling sering digunakan untuk menghiasi dinding rumah.

Lalu, bisa tidak ya kita membuat motif garis untuk dinding kita? Bagaimana sih caranya untuk membuat motif garis supaya tidak melenceng atau bengkok garisnya? Sebelum itu, kamu harus mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan ya, berikut alat-alat yang dibutuhkan.

1. Tali Bangunan

Tali bangunan bisa kita gunakan untuk membuat garis-garis awal pada dinding pada titik-titik tertentu. Tali bangunan digunakan untuk mempertegas pola garis yang akan dibuat.

2. Pensil atau Kapur

Pensil atau kapur bisa kita gunakan untuk memperjelas garis yang akan kita buat sebelum mengecatnya. Garis ini akan menjadi acuan batas kita saat mengecat dinding.

3. Kardus

Kardus bisa kita manfaatkan sebagai pengganti penggaris untuk menggaris pola garis. Tidak harus menggunakan kardus, apabila kamu punya alat lain untuk menggaris kamu bisa gunakan juga.

4. Selotip Kertas

Selotip kertas bisa kita gunakan untuk garis pembatas pada pola garis. Selotip kertas ini dapat membantu untuk kerapian garis yang akan dibuat nantinya.

5. Cat Dinding dengan 2 buah Warna yang Berbeda

Cat dinding adalah bahan utama yang akan kita gunakan dalam mengecat dinding. Kita memerlukan 2 buah warna yang berbeda namun senada untuk mengecat dinding yang kita inginkan.

Untuk langkah-langkah pengecatan dinding, dilakukan sebagai berikut:

  1. Mengecat Warna Dasar
    Pertama kali, kita perlu mengecat warna dasar dinding dengan salah satu warna dari 2 warna yang telah kita siapkan. Tunggu hingga cat dinding tersebut mengering.
  2. Buat Motif Garis
    Setelah cat dinding kering, buat pola garis dengan bantuan tali bangunan, kardus, dan pensil yang telah kita sediakan tadi. Setelah garis awal pola sudah terbuat, tempelkan selotip kertas pada pinggir-pinggir garis yang sudah di bentuk. Usahakan supaya solatip kertas bebas dari udara.
  3. Melakukan Pengecatan Garis
    Tahap selanjutnya adalah melakukan pengecatan menggunakan warna cat berbeda yang belum kita gunakan. Cat dinding hingga batas selotip saja. Setelah itu tunggu hingga cat mengering.
  4. Melepas Selotip Kertas
    Setelah cat mengering, kamu bisa lepas semua selotip kertas yang kamu pasang. Pastikan cat benar-benar sudah kering ya, supaya hasil garis yang dibuat sempurna.

Nah, itu dia tips untuk membuat motif garis pada dinding rumah. Mudah kan? Selamat mencoba!