4 Cara Mengatasi Sakit Perut Karena Menahan Kencing

14

Perut terasa sakit ketika menahan kencing sangat sering dialami oleh semua orang. Sakit yang dirasakan memang berbeda ketika mengalami sakit perut lainnya. Sakit perut ketika menahan kencing akan dirasakan pada area bawah perut.

Namun perlu diketahui, bila terlalu menahan kencing tidak baik untuk kesehatan. Ada banyak risiko yang akan terjadi bisa terlalu sering melakukan hal tersebut. Maka dari itu sangat penting tidak menahan kencing dalam jangka waktu yang panjang.

Bila memang anda mengalami sakit perut karena menahan kencing, berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keadaan seperti itu. Diantaranya sebagai berikut ini:

  • Buang Air Kencing Secara Berkala

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan sakit perut karena menahan kencing yakni dengan membuang air kencing secara berkala. Bila memang anda sedang dalam perjalanan, ada baiknya mencari toilet terdekat guna tidak menahan kencing.

  • Menyesuaikan Saat Mengkonsumsi Air Putih

Tubuh manusia pada dasarnya memang memerlukan kandungan air putih setiap saat. Bahkan hal tersebut sudah disampaikan oleh dokter, baik itu dengan manfaat dari air putih dan lain sebagainya.

Namun ada baiknya mengkonsumsi air putih juga disesuaikan. Dalam artian jangan mengkonsumsi air putih secara berlebihan. Misalnya dalam kategori menyesuaikan tersebut bisa dilakukan bila hendak pergi ke suatu tempat yang berjauhan dengan toilet atau sama sekali tidak menyediakan toilet.

Namun meskipun demikian, jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Makanya perlu disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

  • Gunakan Pakaian Yang Tidak Terlalu Ketat

Bila memang sakit perut karena menahan kencing terus terjadi. Kemudian masih tidak mendapatkan toilet terdekat, ada baiknya untuk penanganan selanjutnya membuat pakaian yang digunakan dalam keadaan sedikit longgar.

Misalnya bisa membuat keadaan celana sedikit longgar, dengan cara meregangkan sabuk yang dipakai. Hal ini berguna juga untuk mengatasi sakit perut karena menahan kencing sampai bisa menemukan toilet.

  • Mengkonsumsi Obat Pereda Sakit  

Ketika anda sudah membuang air kecil, namun masih merasakan sakit pada area perut. Langkah selanjutnya bisa mengkonsumsi obat untuk penahan atau pereda sakit. Terkadang meskipun sudah membuang air kecil perut memang masih terasa sakit.

Hal tersebut tidak lepas dari lamanya menahan kencing sebelumnya. Tetapi pastikan obat yang dikonsumsi benar-benar aman. Bisa juga yang sesuai dengan saran dokter.

Itulah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit perut karena menahan kencing. Bila memang sakit yang dirasakan masih dalam jangka waktu lama, atau sekalipun sudah membuang air kecil. Ada baiknya periksa diri pada dokter spesialis. Misalnya dokter yang berkaitan dengan saluran kemih. Hal ini berguna agar tidak menimbulkan efek lebih parah lagi nantinya bagi anda.