4 Cara Membuat Orang Nyaman Berbicara dengan Kita

21

Mungkin sebagian dari kita, atau secara tidak sadar, kita merupakan bagian dari orang – orang yang kesulitan untuk bertemu dengan orang baru. Hal ini dikarenakan, kita menemui beberapa ‘jalan terjal’ hanya untuk membuat lawan bicaramu nyaman berbicara dengan kita.

Padahal, sejatinya kita memiliki banyak bahan obrolan yang dirasa sesuai dengan kepribadian orang tersebut. Namun yang terjadi adalah, kita menemukan diri kita kikuk dan canggung. Yang keluar dari mulut kita adalah kata – kata basa basi yang malah membuat suasana menjadi suram.

Pada dasarnya, banyak cara agar membuat orang nyaman berbicara dengan kita yang bisa kita terapkan dan aplikasikan saat bertemu orang baru. Adalah dengan memahami langkah – langkah di bawah ini agar kamu bisa dengan mudah mencairkan suasana dan membuat suasana antara kamu dengan orang baru tersebut lebih dekat dan hangat.

Yuk simak selengkapnya beberapa langkah yang harus kamu ikuti di bawah ini!

1. Senyum adalah Keharusan

Senyum adalah senjata paling ampuh yang bisa kita pakai saat bertemu dengan orang baru. Sekalipun situasi dan kondisi ataupun suasana terasa canggung dan kikuk, ketika kamu melontarkan senyum terhadap orang baru tersebut, secara sendirinya suasana bisa lebih cair antara kamu dan lawan bicaramu itu.

Setelahnya, usahakan jangan membuat dirimu sebagai sosok yang kurang bersahabat dan susah untuk didekati. Setelah melontarkan senyum, ada baiknya untuk mempertahankan kontak mata dengan lawan bicaramu. Jangan terlalu sering menundukan wajahmu dan tidak melihat lawan bicaramu. Karena ini dapat terlihat kamu seperti tidak sopan dan tidak menghargai keberadaan lawan bicaramu itu.

2. Tanyakan Informasi Umum dan Sederhana

Langkah yang selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah, tanyakan beberapa informasi umum yang bisa membuka topik pembicaraan lebih dalam. Kamu boleh menanyakan pertanyaan simpel seperti ‘Namamu Siapa’, ‘Asalnya dari Mana’, dan pertanyaan sederhana lainnya. Mungkin terdengar seperti basa – basi dan sepele, tetapi informasi kecil ini penting untuk mengarahkan kamu topik pembicaraan selanjutnya.

3. Cari Tahu Kesamaan antara Kamu dan Lawan Bicaramu

Cara selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan mencoba mencari sedikit demi sedikit kesamaan antara kamu dengan lawan bicaramu. Namun untuk cara yang ini harus diperhatikan dengan baik ya. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menyukai atau berpura – pura tahu sesuatu yang dia tanyakan, padahal sebenarnya kamu tidak menyukainya ataupun mengetahuinya. Jangan berusaha membuat diri agar bisa sama dengan lawan bicaramu.

Ketidak tahuanmu sebenarnya adalah kunci utama untuk kamu membuka topik pembicaraan kamu. Ketika kamu jujur dan mengatakan kalau kamu tidak tahu akan topik atau kesukaan yang lawan bicaramu lontarkan, secara langsung kamu bisa menanyakan balik agar sang lawan bicaramu berbicara lebih banyak. Situasi ini merupakan kesempatan baik untuk kamu mengenal lebih dalam lawan bicaramu. Dan tentu saja membuka peluang agar kalian lebih dekat satu sama lain.

4. Jangan Ragu dengan Diri Sendiri

Cara yang terakhir yang harus kamu terapkan dalam diri sendiri adalah rasa percaya diri. Jangan sering merasa takut salah dalam berbicara dan malah membuat suasana canggung. Hal seperti ini merupakan bentuk dari rasa rendah diri.

Ketika kamu melakukan ini, secara tidak langsung kamu membuat suasana antara kamu dan lawan bicaramu menjadi tidak menyenangkan.Oleh karena itu, ada baiknya kamu lebih percaya diri dan ekspresikan dirimu apa adanya.

Demikian beberapa cara agar membuat orang nyaman berbicara dengan kita. Semoga membantu.