4 Cara Membuat Jilbab Lemas Kembali Kaku Lagi

17

Sebagai seorang hamba yang beriman, terutama untuk muslimah, diperintahkan bagi mereka untuk memakai jilbab sesuai syariat yang dianjurkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dan tertuang di dalam Al – Quran. Namun, untuk mempertahankan jilba yang dikenakan tetap rapi adalah salah satu masalah yang sering di hadapi wanita berjilbab.

Tidak sedikit muslimah yang mengeluh dimana jilbab yang dikenakan bentuknya cepat lemas dan tidak kaku lagi apabila dikenakan seharian. Oleh karenanya, penting bagi muslimah mengetahui cara membuat jilbab lemas menjadi tegak seharian.

Bagi kamu yang merupakan muslimah aktif dan memiliki mobilitas tinggi namun seringkali terkena kendala dalam merapikan jilbab, Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa diikuti agar jilbab yang kamu kenakan tetap tegak seharian.

1. Semprotkan hair spray

Banyak dari muslimah yang menyimpan jilbabnya dalam keadaan terlipat dan diletakkan dalam lemari. Oleh karenanya, lipatan yang dihasilkan dalam jilbab trersebut akan membekas. Kalau sampai itu terjadi, akan sulit kita membentuk jilbab saat kita akan mengenakannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara yang paling ampuh dalam membuat lipatan kembali lurus adalah dengan menyemprotkan hair spray di bagian tengah lipatan atau bisa juga di dalam bagian sisi yang menempel di wajah. Kemudian, perhatikan jarak semprotan dengan jarak kurang lebih sekitar 20 cm. Ini diperlukan agar hair spray tidaklah menggumpal ataupun berbekas. Di sisi lain, kita juga bisa menyemprotkan hair spray yang diperkirakan sulit rapi.

2.  Jilbab distrerika dengan Kanji Instan

Cara kedua adalah dengan menggunakan penyemprot setrikaan yang didalamnya terdapat kanji. Biasanya larutan yang ada kanji bisa ditemukan di toko – toko. Larutan kanji dibutuhkan untuk membuat bagian jilbab yang memiliki tekstur keras atau susah dilipat namun mudah lecek biar menjadi rapi lebih cepat tanpa harus ditekan. Biasanya bahan jilbab yang memiliki tekstur keras adalah bahan wolfis 

3. Jilbab dicuci Terlebih Dahulu dengan Tepung Maizena

Cara selanjutnya untuk membuat jilbab lemas kembali kaku seharian adalah dengan mencuci jilbab terlebih dahulu dengan menggunakan larutan tepung maizena. Berikut ini tahap – tahap mencuci jilbab dengan larutan tepung maizena :

  • Jilbab terlebih dahulu dicuci seperti biasa
  • Ketika sudah dalam tahap bilasan terakhir, larutkan 1,5 sendok makan ke dalam air bilasan sebelum jilbab kembali dimasukkan
  • Jangan lupa pastikan jilbab terendam seluruhnya
  • Bilas jilbab kemudian jangan lupa peras sedikit  jika sudah selesai
  • Terakhir jemur dan keringkan jilbab di tempat yang hangat dan terkena sinar matahari, ataupun menggunakan elektronik

 4. Menggantung Jilbab secara teratur

Cara terakhir yang direkomendasikan untuk membuat jilbab tetap kaku dan tidak mudah lemas adalah dengan mampu mengatur jilbab dan menggantung jilbab dengan baik dan di tempat yang rapi pula. Kemudian, akan lebih baik apabila jilbab yang telah di setrika, jangan langsung ditempatkan di dalam lemari. Hal ini untuk mencegah larutan kanji atapun larutan tepung maizena tidak membekas di dalam jilbab.

Sangat direkomendasikan bagi muslimah untuk mempunyai gantungan khusus untuk meletakkan jilbab. Ini memudahkan muslimah untuk mengambil jilbab tanpa adanya lipatan membekas di dalamnya.

Demikian cara membuat jilbab lemas menjadi kaku. Semoga bermanfaat.