4 Cara Investasi Dollar bagi Pemula agar Untung Banyak

49

Investasi merupakan sistem penanaman modal berupa saham, emas, dana, dan lainnya. Di zaman sekarang ini, orang-orang memanfaatkan investasi sebagai bekal persiapan masa depan. Hal tersebut dikarenakan mereka mulai berpikir bahwa tak ada seorang pun yang mampu menjamin masa depan.

Lalu, jenis investasi apa yang pernah Anda gunakan? Pernahkah Anda berinvestasi menggunakan mata uang asing?

Jenis investasi menggunakan mata uang asing atau dalam istilah ekonomi disebut dengan investasi valuta asing (valas). Pada umumnya, orang-orang menggunakan mata uang dollar sebagai bentuk investasi valuta asing. Layaknya investasi pada umumnya, investasi valas juga memiliki resiko bahkan resiko yang ditimbulkan akan lebih tinggi dari investasi biasanya dikarenakan variabelnya yang tidak terkontrol.

Adakah cara yang dapat mengatasi masalah tersebut?

Jika Anda benar-benar menguatkan tekad untuk tetap memilih investasi dengan valuta asing, hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah jika Anda berusaha untuk terus belajar. Seperti apa yang pernah dikatakan olehh pakar investasi dunia, Dr. Alexander Elder. Ia mengungkapkan bahwa keuntungan akan mengikuti jika melakukan investasi dengan cara yang benar.

Oleh karena itu, kunci sukses sebuah investasi adalah belajar. Tak masalah jika Anda tidak mengetahui seluk beluk investasi tersebut. Namun, hal yang terpenting adalah Anda memiliki keinginan yang kuat untuk belajar mengenai investasi valas agar dapat meminimalisir resiko kerugian yang akan ditimbulkan.

Lalu, seperti apa cara investasi dollar bagi pemula?

Dollar dipilih untuk berinvestasi dikarenakan nilainya yang cenderung stabil dan merupakan mata uang dunia. setelah mengkaji tentang keuntungannya, langkah berikutnya adalah menemukan cara-cara dalam menabung dollar, diantaranya adalah:

  1. Pahami dengan sebaik-baiknya mengenai istilah kurs jual beli

Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia investasi khususnya dollar, Anda harus memahami istilah-istilah yang terdapat dalam sistem investasi tersebut. Istilah dasar yang perlu Anda pelajari adalah mengenai kurs jual dan beli dollar. Kurs jual merupakan nilai yang ditawarkan untuk menjual dollar oleh bank atau pelayanan jasa investasi. Sementara itu, kurs beli merupakan nilai yang ditawarkan untuk membeli dollar yang Anda miliki.

  1. Hanya melakukan transaksi di tempat resmi dan terpercaya

Seperti apapun jenis investasinya, yang Anda butuhkan hanyalah tempat transaksi resmi dan terpercaya. Hal tersebut dilakukan agar Anda terhindar dari kerugian berinvestasi. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa banyak orang yang ingin mencurangi investasi uang dengan memberikan uang palsu.

  1. Kenali prinsip dan aturan main investasi dollar

Anda dapat memutuskan untuk membeli dollar ketika harga dollar sedang mengalami penurunan. Sebaliknya, juallah dollar ketika harganya sedang mengalami kenaikan untuk mendapatkan keuntungan yang pasti. Agar segala resiko dalam berinvestasi dollar dapat ditangani dengan baik, Anda wajib mengamati nilai dollar ketika membeli dan menjualnya, rutin melakukan pembelian dollar, kalkulasi atau prediksi target keuntungan, dan menyimpan dollar hanya dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

  1. Hindari investasi dollar terlalu lama

Untuk berinvestasi dollar, pilihlah penyimpanan yang baik dan terjamin seperti mempercayakannya kepada lembaga. Salah satu lembaga yang dapat dipercayai untuk investasi dollar tersebut adalah bank.

Nah, itulah cara-cara yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk berinvestasi menggunakan dollar. Perlu dicatat bahwa investor sukses adalah investor yang mau belajar. Selamat berinvestasi.