4 Cara Ini Akan Membuatmu Tetap Hemat Saat Puasa

25

Bicara mengenai berhemat tentu saja bukan merupakan hal mudah, terutama untuk anak 90’an. Kenapa anak 90an lebih susah berhemat? Tentu saja karena saat ini usia mereka sudah tidak lagi tergolong muda dan banyak kebutuhan yang mulai menguntit mereka secara diam-diam.

Memang bulan puasa ini bagi sebagian orang adalah momen yang paling membuat kantong kita kebobolan untuk masalah keuangan. Ditambah sebentar lagi lebaran, yang tentu saja membutuhkan tidak sedikit uang. Belum lagi angpau untuk keponakan dan masih banyak lagi kebutuhan-kebutuhan lain atau bahkan kebutuhan tidak terduga untuk menunjang lebaran.

Mungkin kamu pernah berfikir bagaimana caranya agar tidak terlalu khilaf saat puasa dan menyelamatkan beberapa dolar yang kamu miliki untuk menyambut lebaran, coba intip 4 cara ini agar kamu bisa mulai menekan pengeluaranmu mulai sekarang.

1Lakukan Kegiatan

Semakin kamu tidak melakukan kegiatan justru hal ini semakin membuatmu boros, karena menjelang berbuka puasa tentu saja pikiran kamu akan berada di seputar menu berbuka yang akan kamu buru ketika berbuka puasa. Jika kamu memiliki kegiatan, kamu akan disibukan dengan kegiatanmu yang tidak sadar kamu sudah berada di waktu menjelang buka puasa yang akhirnya kamu akan berbuka dengan apa saja yang ada di sekitarmu saat ini.

2Minimalkan Sosial Media

Tentu saja tidak bisa di pungkiri jika iklan-iklan di media sosial secara tidak langsung akan menambah hasrat untuk berbelanja secara lebih. Entah tentang berbagai macam produk-produk atau olshop yang menyediakan menu berbuka puasa atau postingan-postingan tentang tempat berbuka puasa. Nah dengan sedikit menghindarinya mungkin kamu akan terbebas dari itu semua.

3Jangan Memegang Uang Cash Saat Ngabuburit

Momen yang paling sering di lakukan ketika berpuasa adalah ngabuburit. Beda ceritanya jika kamu ngabuburit di rumah atau sekedar nongkrong di lingkungan sekitar. Namun jika kamu akan pergi ke tempat lain untuk mencari suasana baru, lebih baik hindari memegang uang cash untuk menghindari lapar mata. Karena lapar mata ini tidak jarang membuat kita justru hanya membuang-buang uang saja.

4Pikirkan Kebutuhan Hari Raya

Jika kita memikirkan kebutuhan hari raya, kita akan otomatis menghemat pengeluaran kita karena kebutuhan lebaran biasanya akan sangat banyak. Atau cobalah membuat planning dengan mungkin mengganti angpau keponakan menjadi alat-alat tulis atau desain baru kamar tidur atau beberapa nastar terbaik untuk tamu yang bersilaturahmi.

Itulah beberapa tips agar puasa tetap hemat dan banyak uang yang disimpan untuk keperluan yang lebih penting. Semoga bermanfaat.