4 Alasan Penting untuk Menabung Sejak Muda

34

Memang sah-sah saja jika membelanjakan uang sendiri untuk memenuhi kebutuhan dan sekedar diperuntukkan untuk pemuas diri seperti untuk bersenang-senang. Tapi alangkah lebih menyenangkan lagi, jika memiliki pandangan menyisihkan sebagian uang untuk di masukkan celengan. Karena kamu pun harus tahu, membiasakan menyisihkan uang dan ditabung ternyata memberikan dampak positif yang banyak lho terhadap diri sendiri. Berikut alasan kenapa kamu harus rajin menabung sejak muda, wajib disimak!

  • Membiasakan memanajemen keuangan sejak dini

Menabung dapat membiasakan diri memanajemen keuangan sejak dini, sehingga kamu bisa terbiasa saat sudah berumah tangga kelak. Karena sudah terbiasa berusaha menyisihkan uang untuk menabung, kamu terlatih untuk lebih kreatif dalam mengatur pengeluaran. Hal ini cukup bermanfaat lho, di masa mendatang. Contohnya saat kamu berumah tangga. Dengan seperti itu, saat kamu sudah membangun rumah tangga bersama pasangan, kamu akan dimudahkan oleh kemampuan mengatur keuangan yang kamu miliki, sehingga kamu bisa mengolah keuangan rumah tangga dengan baik.

  • Tidak terbiasa meminjam uang

Saat ada kebutuhan mendadak dan harus dipenuhi, kamu tidak perlu pusing mencari pinjaman. Kita tidak bisa menebak, kejadian apa saja yang akan dihadapi di kemudian hari. Tapi, kita bisa mengantisipasinya dengan berbagai usaha. Misalnya, dengan cara menabung.

Misal saja, kamu laptop kamu rusak dan tidak bisa diperbaiki, sementara kamu dituntut untuk segera menyelesaikan skripsimu dalam hitungan 2-3 bulan. Kamu tidak perlu cemas dan bersedih hati, sampai-sampai merepotkan kedua orang tua untuk membelikan laptop baru. Cukup uang tabunganmu lah yang akan bekerja menyelesaikan masalahmu.

  • Terhindar dari kebiasaan menyia-nyiakan uang untuk hal-hal yang sekiranya kurang penting

Karena selalu berusaha menyisihkan uang agar bisa ditabung. Tanpa kamu sadari secara tidak langsung kamu terlatih untuk mengatur keuangan sehingga bisa membedakan mana prioritas dan mana bukan. Kamu bisa memilih mana yang tepat dan tidak. Mana yang bisa termasuk kebutuhan pokok dan mana yang hanya sebatas penunjang untuk bersenang-senang. Sehingga, kamu terlindungi dari kebiasaan menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang kurang penting.

  • Berlatih mandiri finansial sejak dini

Kamu bisa terlatih menjadi pribadi mandiri finansial jika uang tabunganmu bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan hidupmu suatu hari nanti. Seperti untuk membiayai uang kuliah. Keren lho, ketika tanpa kamu sadari uang hasil tabunganmu cukup melimpah dan bisa membuatmu menjadi pribadi yang matang finansial sejak muda. Hasil jerih payahmu menyisihkan uang ternyata membuahkan hasil. Seperti tanpa kamu sadari, uang tabunganmu cukup untuk kamu gunakan membiayai uang kuliahmu. Pasti orang tuamu akan bangga.

Itulah alasan kenapa kamu harus rajin menabung. Jadi gimana? masih ragu untuk menabung?