4 Alasan Ini yang Membuatmu Sulit Mendapat Kerja, Yuk Perbaiki!

17

Menjadi sarjana adalah impian bagi semua orang. Lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan dari kampus tempat ia belajar dan langsung mendapat kerja di perusahaan ternama dengan gaji yang besar.

Namun, belakangan ini semua bertolak belakang. Beberapa sarjana yang sudah lulus dari kampusnya justru masih kesana-kesini dan bingung mencari pekerjaan dengan ekspetasinya.

Akhirnya mereka masih tetap saja menganggur. Nah kira-kira hal apa saja yang sekarang ini membuat banyak sarjana yang menganggur ? Berikut ulasannya

1. Ekspetasi yang Terlalu Tinggi

Ekspetasi yang terlalu tinggi membuat mereka para sarjana kesulitan mencari kerja. Mereka masih saja memikirkan ekspetasi yang tinggi, masuk di gedung tinggi, ruangan ber-ac, mendapat fasilitas kantor, dan jabatan yang tinggi.

Tapi tahukah kamu? Dengan ekspetasimu yang melambung tinggi kamu tau nggak sih justru membuatmu sakit. Sakit kepala karena terlalu menggebu meminta apa yang menjadi ekspetasimu.

Sakit hati karena ekspetasimu tak sesuai dengan realita yang ada. Sakit jiwa juga karena sampai tergila-gila dengan ekspetasi yang tinggi tapi tidak sejalan dan segaris lurus dengan realita yang ada.

2. Tidak Adanya Skill dan Kemampuan

Skill dan kemampuan memiliki poin utama ketika mencari pekerjaan sekarang ini. Apalagi di era 4.0 semua hal berbasis teknologi dan menuntut para pekerjanya untuk memiliki skill dan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan sekarang ini.

Lalu bagaimana kita mendapat skill dan kemampuan dari perusahaan yang kita mau? Belajar dari lingkungan yang ada di sekitar kita. Cobalah kamu ikuti beberapa kegiatan di kampus, dengan cara itu kamu akan memiliki skill dan kemampuan yang diminta perusahaan.

3. Meninggikan Gengsi

Beberapa orang masih saja menggadaikan rasa gengsinya dalam hidup. Mereka berharap dengan gaji yang besar, mendapat fasilitas kantor dan bekerja di dalam gedung yang tinggi. Jika kamu masih saja menggadaikan gengsimu sudah pasti kamu akan terus menganggur dan tidak mendapatkan pekerjaan.

Masih ngotot dengan IPK tinggi dan lulusan dari kampus ternama ? Mungkin bagi mereka dengan mengantongi ijazah dengan nilai memuaskan ditambah kampus ternama sudah cukup.

Nyatanya perusahaan tidak membutuhkan nilai yang ada diijazahmu sekarang, mereka membutuhkan skill dan kemampuan yang ada dalam dirimu sekarang untuk menjawab permasalahan baru di lapangan.

4. Tidak Punya Pengalaman yang Bisa Ditonjolkan

Mungkin bagi sebagian orang berpikir “aku masih fresh graduate dan aku masih minim banget pengalaman”, “gimana mau dapet pengalaman, orang baru mau ngelamar kerja ditanyain dulu pernah kerja dimana”, “jangan nanya pengalamannya apa dah, orang kita juga masih baru banget lulus”, dan beberapa kalimat lainnya bukan.

Tapi sobat dori tahu nggak sih, pengalaman itu bisa kamu dapat dari magang, ikut kursus, pelatihan dan masih banyak lagi. Jadi bukan melulu pengalaman itu kerja ya sahabat dori.

Nah itu dia beberapa faktor yang menyebabkan beberapa sarjana masih menganggur dan masih bingung bekerja dimana. Biar nggak bingung, coba yuk ikutin saran berikut :

  • Coba kenali passionmu, karena kerja tak jauh dari itu.
  • Teruslah kembangkan dan asah skill yang kamu miliki secara terus menerus.
  • Jangan iri dengan orang yang sudah diterima kerja, berdoalah dan terus berusaha.
  • Cobalah berwirausaha dan sesuaikan kondisi sekitarmu.

Semoga bermanfaat!