3 Wujud Nyata Pengaruh Budaya Korea di Indonesia

15

Selama 5 tahun terakhir ini, Indonesia telah banyak mengalami perkembangan dan perubahan budaya, khususnya di kalangan anak muda dan remaja. Salah satu budaya yang berhasil menembus dinding perbedaan adalah budaya dari negara Korea.

Tidak hanya melalui aliran musiknya yang menjadi pembuka gerbang bagi budaya negara Ginseng ini, sinetron atau drama televisi pun ikut menjadi penyalur.

Selama sepuluh tahun terakhir ini, Indonesia telah banyak mengalami perkembangan dan perubahan budaya, khususnya di kalangan anak muda dan remaja. Salah satu budaya yang berhasil menembus dinding perbedaan adalah budaya dari negara Korea.

Tidak hanya melalui aliran musiknya yang menjadi pembuka gerbang bagi budaya negara Ginseng ini, sinetron atau drama televisi pun ikut menjadi mata tombak budaya tersebut.

Namun terkadang fakta tersebut sulit untuk dipercaya karena pengaruh budaya tersebut tidak secara tiba-tiba terjadi namun secara pelan tapi pasti, merasuk ke dalam diri masyarakat Indonesia. Sesuatu yang baru dilihat, didengar dan dicoba berulang kali sehingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari yang tidak lagi aneh.

Perubahan kebiasaan akibat pengaruh budaya Korea di masyarakat Indonesia yang perlahan tersebut dapat disadari secara gamblang dengan uraian sebagai berikut,

1. Perubahan Selera Musik

K-Pop merupakan sebutan untuk lagu-lagu yang dibuat atau dinyanyikan oleh artis – artis yang berasal dari Korea Selatan. Lagu-lagu tersebut pun tidak dapat sepenuhnya diklasifikasikan dalam kelompok musik pada umumnya sehingga digolongkan dalam satu sebutan yaitu K-Pop.

Selera musik orang Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya dipengaruhi oleh budaya musik dari Barat mulai berganti haluan ke K-Pop ketika boyband dan girlband asal Korea mulai memperkenalkan namanya serta ketenarannya mencapai Indonesia.

Mulai dari Super Junior, Girls Generation, Big Bang, BTS hingga Red Velvet, menjadi nama – nama yang tidak asing lagi di telinga kebanyakan anak Indonesia generasi milenial.

Perlu diingat, kelompok penggemar musik K-Pop ini masih ditambah dengan mereka yang lebih menggemari lagu-lagu yang ada pada drama Korea atau OST drama korea. Lagu OST drama korea tidak kalah dalam hal jumlah fans Indonesia yang kerap kali menyanyikannya, baik di tempat karaoke maupun di kamarnya masing-masing.

2. Fashion Style dan Standar Kecantikan

Seseorang dapat mengekspresikan dirinya sendiri, dari filosofi hidup, kepribadian hingga apa yang disukai dan tidak disukainya melalui gaya berpakaian atau fashion style. Tidak jarang pula, gaya berpakaian menjadi sarana penyaluran kekaguman yang dirasakan seseorang terhadap seorang atau sekelompok public figure.

Dalam hal ini, gaya berpakaian yang dimiliki artis korea, baik wanita maupun pria dari berbagai sumber telah menginspirasi penggemar Korea di Indonesia untuk menerapkan gaya atau style yang sama.

Untuk mencapai gaya berpakaian layaknya orang Korea Selatan yang sempurna, tidak hanya dibutuhkan keahlian mix and matchpakaian tapi dibutuhkan pula keahlian berdandan atau bersolek yang tidak kalah pentingnya.

Kebanyakan penggemar Fashion Style Korea, melengkapi senjata perang mereka berupa make up dengan merek-merek yang berasal dari negeri tempat kelahiran K-Pop tersebut.

Hal tersebut tentunya dilakukan dengan harapan si pemakai untuk mendapat hasil yang sama dengan sumber inspirasinya yang bisa saja dari drama, Music Video, atau sosial media.

3 Jumlah Restoran & Bar Korea di Indonesia yang Meningkat Drastis

Pada tahun 1990-an, restoran atau kafe ataupun bar yang bernuansa Korea sukar untuk ditemukan dan apabila ada yang menemukan jenis tersebut, dapat menghitung jumlah penemuannya tersebut dengan jari.

Dengan kedatangan budaya Korea dengan pengaruhnya yang membesar semakin bertambahnya waktu, semakin meningkat pula minat terhadap makanan – makanan Korea yang menjadi sebuah faktor penting dalam drama Korea dan program televisi Korea yang ditayangkan di Indonesia.

Minat yang diimbangi dengan lahirnya minat untuk merasakan secara nyata makanan Korea, salah satunya kimchi, dipandang sebagai peluang bisnis yang tidak dilewatkan oleh pelaku-pelaku bisnis, baik di Indonesia maupun dari luar negeri, tentunya khususnya dari negara Korea itu sendiri.

Tidak hanya sekedar memulai bisnis, profit yang besar pun menjadi sebuah pengetahuan umum bagi pemilik dan pekerja restoran atau kafe atau bar serta usaha sejenisnya di Indonesia.

Betapa besar pengaruh budaya Korea sehingga budaya Indonesia sendiri pun perlahan-lahan berubah tanpa disadari. Budaya Korea yang sangat menggiurkan boleh — boleh saja diterapkan di Indonesia, tapi sebagai orang Indonesia, kita juga tidak boleh meninggalkan dan melupakan budaya kita sendiri!