3 Urutan Dewa Tertinggi Dalam Agama Hindu

68

Dalam ajaran agama Hindu ada banyak dewa maupun dewi. Terutama yang dinilai memiliki arti masing-masing. Baik itu arti dari kekuatan serta arti lainnya. Secara umum semua dewa maupun dewi melambangkan keabadian maupun kesucian.

Dari sekian banyak dewa maupun dewi dalam ajaran agama Hindu. Ada beberapa dewa yang dikenal memiliki takhta tertinggi. Bila anda ingin mengetahui dewa apa saja yang memiliki takhta tertinggi, ada baiknya membaca tulisan ini hingga selesai.

Beberapa dewa tertinggi dalam ajaran agama Hindu

  • Dewa Brahma

Dewa Brahma dalam ajaran agama Hindu melambangkan Manifestasi Tuhan. Yakni dengan makna atau seorang dewa yang menciptakan seluruh alam semesta. Dewa Brahma juga dalam agama Hindu memiliki wajah empat atau sebutan lainnya catur mukha.

Empat wajah yang dimiliki Dewa Brahma juga menghadap secara berbeda yakni menghadap pada seluruh mata angin. Dewa Brahma juga digambarkan sebagai pria tua dengan janggut yang berwarna putih, kemudian memiliki empat tangan.

Dari masing-masing tangan tersebut memegang benda yang berbeda diantaranya:

  • Memegang Aksa mala atau sering dikenal dengan Tasbih. Hal tersebut melambangkan dari kekekalan.
  • Memegang Sruk serta Surva. Hal tersebut juga melambangkan upacara yadnya
  • Memegang Kamandalu atau sering dikenal dengan Kendi. Hal tersebut melambangkan keabadian
  • Memegang Pusaka atau dengan sebutan lain Buku, yang mana melambangkan ilmu pengetahuan.
  • Dewa Wisnu

Dewa tertinggi lainnya yang ada dalam ajaran agama Hindu yakni Dewa Wisnu. Dewa Wisnu juga dikenal sebagai seorang dewa pemelihara seluruh semesta bahkan segala ciptaan dari Dewa Brahma.

Disampaikan juga bila Dewa Wisnu nantinya akan datang ke dunia bila dunia mendapatkan segala kejahatan dengan jumlah yang tidak terkendalikan lagi. Kemudian Dewa Wisnu dikenal juga sebagai seorang Dewa dengan kulit hitam kebiruan. Serta memiliki senjata Cakra dengan wahana Burung Garuda.

  • Dewa Shiwa

Dewa dengan takhta tertinggi terakhir dalam agama Hindu yakni Dewa Siwa. Kemudian Dewa shiwa juga dikenal sebagai seorang dewa pelebur, yakni akan mengancurkan ciptaan Brahma. Terutama ciptaan yang dikenal sudah usang bila memang waktunya sudah tiba.

Serta Dewa shiwa juga dikenal dengan seorang yang memiliki mata tiga atau lebih dikenal dengan Trinetta. Bahkan menggunakan ikat pinggang kulit harimau kemudian memiliki hiasan leher dari ular kobra. Senjata yang digunakan Dewa shiwa yakni Trisula. Selanjutnya 4 tangan yang dimiliki memegang Tri Wahyudi, memegang Kendi, Memegang Cemara serta memegang Tasbih.

Itulah 3 Dewa dalam ajaran agama Hindu yang dikenal dengan takhta tertinggi. Semua dewa tersebut memang dikenal dengan perbedaan, bahkan dengan kekuasaan tersendiri. Namun secara keseluruhan ketiga dewa yang sudah disebutkan melambangkan kesucian maupun keabadian.