3 Tips Menghindari Tangan Kesemutan Saat Bersepeda Dalam Waktu Lama

30
Menghindari Tangan Kesemutan Saat Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang sering dilakukan oleh sebagian orang. Melakukan olahraga Bersepeda mempunyai kelebihan tersendiri dalam anggota tubuh. Manfaat yang didapatkan ketika melakukan olahraga sepeda diantaranya menyehatkan jantung, mengencangkan otot tangan maupun kaki dan memperbesarnya paha kaki.

Dalam bersepeda kadangkala kamu merasakan rasa kesemutan. Jika kamu berlama-lama menggowes sepeda tangan kamu akan berasa seperti adanya kesemutan. Kesemutan adalah kejadian yang dialaminya oleh setiap manusia yang mengalami tekanan pada anggota badan. Hal ini bisa berakibat terhambatnya aliran darah yang masuk ke bagian tubuh terhambat. Seperti saat bangun tidur tiba-tiba kesemutan saat tangan kita tertindih bantal atau guling.

Begitu pun kalau kita berjam-jam berkendara dengan sepeda atau motor. Biasanya tangan kamu akan merasakan kesemutan. Dikarenakan posisi tangan yang stagnan dalam waktu yang lama. Menurut studi dari California State University pada 518 penghobi sepeda, sebesar 31,1 persen mengalami masalah di tangan utamanya pergelangan tangan.

Dengan kesemutan membuat kamu otomatis tidak dapat meregangkan tangan atau mengerem sepeda. Untuk itu diperlukan beberapa pencegahan yang bisa kamu lakukan. Dibawah ini ada beberapa tips menghindari kesemutan pada tangan :

1. Berpindah-pindah Posisi Tangan

Setelah melakukan sepeda yang lumayan lama kadang tangan kita akan merasakan Kesemutan yang akan terjadi. Jika sudah terjadi seperti itu tangan kamu sebaiknya berpindah ke posisi pegang hand lebar apabila sudah merasakan hal ini.

Tujuannya supaya aliran darah tubuh kamu akan kembali lancar. Dalam melakukannya hendaklah kamu Jangan menekuk pergelangan tangan, ini akan memotong sirkulasi darah ke vena median pada pergelangan tangan. Posisi pergelangan tangan harus lurus saat memegang hand lebar.

2. Posisi Pantat Stabil

Kayuhan sepeda tidak stabil menimbulkan bagian pantat merasakan tidak nyaman. Beban bagian tubuh membuat tubuh tidak akan disangga sempurna oleh bagian bawah badan saat pedaling. Sehingga peredaran darah akan bertumpu pada lengan tangan.

Hal ini dapat membuat tangan akan merasakan beban yang cukup berat dan akan terjadi kesemutan yang terjadi. Caranya agar bisa tidak terjadi kesemutan adalah dengan tubuh tidak akan disangga sempurna oleh bagian bawah badan saat pedaling.

3. Gunakan Sarung Tangan

Supaya tidak terjadi Kesemutan saat bersepeda cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan sarung tangan. Gunakan bantal gel empuk dan agar getaran pada handle sepeda saat melewati jalanan yang tidak mulus diserap oleh bantalannya. Disarankan agar tidak terlalu menggunakan sarung tangan yang ketat.

Nah otu tadi 3 tips bersepeda aman agar terhindar dari kesemutan. Semoga bersepedamu nyaman dan bermanfaat.