3 Tips Menghadapi Maraknya Body Shamming di Era Milenials Ini

14

Body shaming bisa diartikan sebagai bullying verbal yang berupa kesengajaan mengomentari kekurangan dari fisik orang lain yang memberikan dampak buruk jika terus dilakukan. Hal ini juga dikaitkan akan body image. Hingga saat ini banyak tercatat kasus kasus karena body shaming. Bahkan di Indonesia sendiri ditahun 2018, ada sekitar 966 kasus body shaming yang telah ditangani oleh kepolisian.

Banyak yang mengira bahwa perbuatan body shaming ini adalah perbuatan sepele dan tidak membahayakan nyawa seseorang. Nyatanya menurut para ahli, body shaming ini memberikan dampak psikologi yang sangat berbahaya bagi korbannya loh. Salah satunya adalah penyakit mental depresi. Bahkan di Amerika sendiri tercatat 1 dari 10 siswa di Amerika memilih untuk bunuh diri karena kasus body shaming yang terjadi pada mereka.

Perasaan depresi dan putus asa karena terus menerus dibully secara verbal membuat beberapa remaja ini memutuskan mengakhiri hidupnya sendiri. Di indonesia sendiri, karena maraknya kasus ini telah ada undang undang yang mengatur bahwa jika ada seorang pelaku body shaming akan terkena pidana 9-6 tahun penjara atas kasus body shaming di media sosial maupun secara langsung. Banyak pihak pihak yang mendukung undang undang baru baru ini.

Bahkan saat ini di negara negara eropa banyak mengkampanyekan untuk berhenti melakukan body shaming pada orang lain. Tak hanya kampanye yang ditujukan untuk orang orang sekitarnya, saat ini banyak yang menyadari bahwa meluasnya dan terus terjadinya kasus body shaming ini didasari oleh diri kita sendiri yang kurang puas akan body image diri sendiri.

Selain itu media yang dinilai sebagai faktor utama penyebab body shaming melalui body image yang hanya mempertontonkan dan menggambarkan bagaimana sosok manusia yang memiliki tubuh sempurna dan membuat standarnya sendiri. Media dinilai berlebihan dalam memuji dan menggambarkan image image wanita cantik yang langsing maupun laki laki tampan dengan tubuh sempurna.

Berikut beberapa tips agar kita lebih menghargai diri kita sendiri dan tidak menjadi korban Body Shaming

1. Mencintai Diri Sendiri

Cobalah untuk selalu bersyukur dan mencintai diri kita apa adanya dan tidak mempedulikan perkataan orang lain mengenai kekurangan yang ada pada tubuh kita. Hilangkan rasa body image yang negatif yang menganggap diri kita selalu kurang dan jauh dari kata sempurna.

Jangan pernah mengganggap diri sendiri jauh dari kata sempurna. Jika tidak mencintai diri sendiri, kita akan terkena body shaming oleh orang lain.

2. Jangan Pedulikan Pendapat Orang Lain Mengenai Kekurangan Tubuh Kita

Entah itu dilontarkan secara tidak sengaja berupa candaan atau basa-basi maupun secara sengaja, jangan pernah menghiraukan body shaming yang dilontarkan orang lain dalam mengomentari bentuk, warna, bau atau apapun mengenai tubuh kita.

Jika tujuannya hanya untuk mengejek atau menghina, sebaiknya kamu menghindari merasa tersinggung. Jadikan hal tersebut sebagai masukan jika masih dalam keadaan yang wajar.

3. Laporkan Kepada Pihak Berwajib

Jika pelaku body shaming sudah kelewatan dan tidak menunjukan niatan yang baik, maka jangan ragu untuk melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib.

Karena setiap orang bebas melontarkan pendapatnya, maka seseorang juga boleh secara hukum menuntut seseorang yang tidak berhati hati dalam berbicara dengan orang lain dan menyebabkan kerugian fisik maupun psikologis bagi korban.

Itulah beberapa tips agar terhindar dari body shaming. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas semua pemberian Tuhan dan mencintai diri kita sendiri.