3 Tips Agar Anak Perempuan Mau Mengenakan Jilbab Sejak Kecil

8

Di dalam Islam, hukum mengenakan jilbab bagi seorang wanita adalah wajib. Hukum ini berlaku saat wanita sudah mencapai masa balighnya. Oleh karena itu, penting bagi ayah dan bunda mengajarkan anak perempuannya untuk berjilbab sejak dini. 

Banyak orang tua yang berpendapat untuk mengajarkan anak perempuannya untuk berjilbab saat mereka sudah mencapai masa baligh. Cara ini memang tidak salah, namun belum tepat.

Terdapat beberapa alasan dimana seharusnya orang tua mulai mengajarkan anak perempuannya untuk memakai jilbab sejak usia dini. Alasan yang pertama adalah untuk menumbuhkan rasa cinta anak kepada jilbab itu sendiri. Selain itu, anak juga dapat memahami terlebih dahulu bahwa jilbab adalah identitas yang harus dimiliki seorang anak perempuan muslim. 

Dengan memakai jilbab sejak usia dini, anak akan terbiasa menggunakan jilbab. Sehingga sang anak tidak lagi asing saat memakai jilbab di usia dewasa. Keuntungan mengajarkan anak sejak dini adalah orang tua lebih mudah menanamkan makna dan arti jilbab yang dijelaskan dalam Islam sesungguhnya.

Lalu bagaimana tips agar anak perempuan mau mengenakan jilbab sejak kecil? Berikut ini beberapa tips bermanfaat yang bisa diterapkan kepada anak kesayangan ayah bunda. Simak selengkapnya dibawah ini ya.

1. Kenalkan Pakaian Muslimah Kepada Anak

Cara yang pertama adalah dengan mulai mengenalkan pakaian muslimah kepada anak. Setelah mengenalkan, jelaskan juga masing – masing jenis dari pakaian muslimah tersebut dan kegunaannya, mulai dari jilbab hingga baju panjang (gamis atau rok).

Bisa dimulai dari saat ayah bunda mulai mengajak sang anak keluar rumah atau bepergian. Perhatikan juga bahan baju yang digunakan untuk baju sang anak. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dengan mudah sehingga tidak membuat sang anak merasa kegerahan dan memakainya dengan nyaman. 

2. Berikan Motivasi dan Pujian

Tips yang kedua adalah dengan tidak pelit untuk memberikan pujian dan motivasi kepada anak. Saat sang anak tumbuh besar, dia akan mulai penasaran dan bertanya – tanya mengenai kegunaan jilbab dan baju panjang yang ia pakai. Oleh karena itu ayah bunda harus memberikan penjelasan yang mudah di pahami oleh sang anak.

Kemudian setelah memberikan pemahaman dan sang anak mulai memahami serta terbiasa untuk menggunakan pakaian muslimah, berikan pujian yang bisa membuat sang anak senang dan bangga dengan pakaian yang sedang dipakainya.

Memuji sang anak cantik dan meminta dirinya untuk terus memakai jilbab dengan cara yang mudah pahami bisa membuat sang anak paham arti pakaian yang sedang dia pakai.

3. Perhatikan Lingkungan Sekitar Anak

Tips selanjutnya adalah perhatikan lingkungan sekitar dan lingkungan bermain anak. Sangat disarankan untuk memilih lingkungan yang bisa menambah rasa cinta anak pada pakaian muslimah dan juga jilbab yang dikenakannya.

Biasakan anak bergaul dengan anak – anak yang memberikan energi positif saat mereka bermain dan belajar bersama. Perhatikan juga tempat belajar untuk sang anak agar bisa menyeimbangkan ajaran agama serta pelajaran lainnya.

Demikian beberapa tips agar anak perempuan mau mengenakan jilbab sejak kecil untuk ayah bunda. Semoga tips ini dapat bermanfaat dan membantu.