3 Penyebab Fatal Panas Mobil Karena AC Menyala yang Perlu Diwaspadai

11

Overheat atau dengan kata lain mesin mobil yang cepat panas memang telah menjadi masalah yang cukup serius dan sebabnya pun sangat beragam. Salah satunya adalah AC mobil yang menyala, AC mobil ini bisa menjadi salah satu penyebabnya. lalu apa hubungannya dengan hal tersebut dan apa penyebabnya?

Memang pada dasarnya ketika AC anda menyalam maka beban kerja mesin mobil pun dapat mengalami peningkatan yang tinggi. Tentunya agar mesin mobil anda dapat terus bertenaga maka pembakaran bahan bakar pun terus dapat dilakukan. Hal ini tentunya dapat mengakibatkan suhu di ruang mesin anda dapat dengan cepat naik.

Maka dari itu untungnya setiap mobil telah dilengkapi dengan sistem pendingin khusus untuk bisa menjaga suhu di ruang mesin mobil anda. Jadi apabila suhu mesin terus menerus menaik dengan cepat maka hal tersebut berarti ada masalah. Bisa dikarenakan sebagai berikut:

  1. Penyebab karena masalah pada kompresor

Jika anda lihat memang kompresor memegang peranan yang begitu penting di dalam sistem kerja AC mobil. Ketika AC mobil anda dinyalakan maka kompresor yang terletak pada ruang mesin ikut berjalan sehingga mesin ini pun kemudian menghasilkan panas yang dapat mempengaruhi kenaikan suhu mesin mobil anda.

Namun memang jika jenis kompresor yang digunakan tersebut telah tepat dengan spesifikasi jenis mobil anda maka hal tersebut menjadi tidak masalah yang akan terjadi.

Namun jika kompresor telah berganti atau memang dimodifikasi maka beban kerja akan semakin berat dan panasnya pun yang akan dihasilkan akan semakin meningkat. Anda dapat memastikan kompresor bekerja dengan normal dan juga sesuai dengan spesifikasi jenis mobil anda.

  1. Extra Fan menjadi kurang baik

Tentunya suhu panas pada mesin ini dapat sedikit terkontrol dikarenakan adanya pertukaran suhu di dalam ke luar mesin dan sebaliknya juga. Proses ini juga bisa berjalan amat cepat dikarenakan juga adanya kehadiran kipas tambahan mobil atau sering yang disebut dengan extra fan. Maka dari itu dengan kata lain.

Extra fan juga akan berfungsi untuk dapat menjaga suhu mesin yang panas. Namun bisa extra fan tidak berfungsi seperti seharusnya maka angin yang muncul malah akan membuat suhu mesin akan menjadi lebih panas. Hal tersebut nantinya yang akan memperburuk keadaan mesin mobil anda.

Anda perlu tahu jika freon pada AC mobil sendiri bisa mengeluarkan panas yang dapat mempengaruhi suhu mesin anda. Panas yang dihasilkannya pun harus dalam sirkulasi yang baik supaya kondisi di dalam ruang mesin tetap terjaga dengan baik.

  1. Dikarenakan radiator yang kotor

Tentunya nya jika ketika extra fan tidak menjalankan tugasnya, masih terdapat radiator yang bisa membantu dalam menurunkan suhu pada mesin mobil.

Tapi memang kisi-kisi radiator serta kondesor mobil tersebut dalam keadaan yang kotor seperti adanya debu yang menempel, menumpuk atau tertutup lumpur, maka dari itu akan mengakibatkan keluar masuk udaranya pun menjadi sangat terhambat.

Tentunya suhu mesin mobil akan semakin meningkat panasnya.