3 Pelajaran Hidup yang Dapat Diambil dari Video Musik Clean Bandit

16
clean bandit

Nama Grup musik Clean Bandit pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta musik internasional. Bagaimana tidak? Grup yang dibentuk pada tahun 2009 ini kerap menyajikan karya musik yang sangat enak dan mudah didengar di telinga masyarakat. Terlebih sudah banyak pula musisi terkenal yang sudah berkolaborasi karya dengan grup ini. Seperti Ellie Goulding, Anne Marie, Luis Fonsi, Demi Lovato, Zara Larsson, Marina, dan Sean Paul salah satunya. Tak heran jika nama Clean Bandit semakin melejit meski hanya digawangi oleh 3 personil yaitu Grace Chatto, Luke Patterson, dan Jack Patterson.

Ya, pernah ditinggal oleh salah satu personilnya di tahun 2016, Neil Milan, namun nampaknya hal tersebut tak membuat nama Clean Bandit terpuruk begitu lama. Justru eksistensinya semakin bersinar berkat karya-karya yang terus ditelurkan.

Lagu Rockabye salah satunya, lagu ini berhasil ngehits di tahun 2016 lalu. Tak heran memang. Selain enak didengar, lirik dalam lagu tersebut bahkan memiliki makna yang sangat erat dengan pembelajaran kehidupan sosial. Jika diteliti lebih dalam, Clean Bandit memang bisa dibilang sebagai salah satu pemusik yang kerap menerapkan situasi-situasi permasalahan dan nilai sosial di lingkungan masyarakat ke dalam karyanya. Tentunya dengan nilai-nilai pelajaran hidup yang terselip. Hal ini bisa dilihat dari beberapa lirik lagu dan video musik yang mereka telurkan selama ini. Apa sajakah itu?

Nah, dilansir dari berbagai sumber pada beberapa waktu lalu, berikut ada 3 pelajaran hidup yang dapat kamu ambil dari video musik Clean Bandit di bawah ini.

1. Mama feat Ellie Goulding (2019)

Tanpa melihat video musiknya, lagu ini dengan jelas menggambarkan tentang seseorang yang kehilangan arah karena tak punya seorang ibu, ia tak tahu harus berbuat apa dan tak bisa membedakan mana hal yang baik dan yang buruk hingga akhirnya ia mulai terbiasa dengan hal buruk di sekitarnya.

Namun semua maksud dari lagu ini akan lebih mudah dimengerti jika dilihat langsung dari video musiknya. Seorang anak yang sudah tak memiliki ibu harus hidup dalam didikan keras sang ayah yang bahkan tidak mencurahkan perhatian dan kasih sayang yang penuh padanya. Perilaku buruk sang ayah serta didikan kerasnya di masa kecil telah membentuknya menjadi pribadi yang persis seperti ayahnya ketika dewasa.

Sayangnya banyak yang salah paham dengan video musik ini. Banyak yang menilai kalau isi video ini hanya menceritakan tentang masa kecil Donald Trump yang memilukan. Padahal jika ditilik, ini bukanlah sekedar tentang Donald Trump saja. Sosok Donald Trump hanya digunakan sebagai gambaran dari isi lagunya, betapa berbahayanya efek kekerasan pada anak. Dan efek itu tak hanya berpengaruh pada diri sang anak, tapi juga pada lingkungan sekitar. Terlebih bila sang anak tumbuh menjadi seorang pengemban yang berpengaruh di lingkungannya, tentu pribadinya yang sudah terbentuk dari didikan buruk itu akan berpengaruh juga pada lingkungan yang ia emban. Bisa kebayang dong, bagaimana dahsyatnya efek dari kekerasan pada anak?

2. Baby feat Marina & Luis Fonsi (2018)

Banyak yang berkomentar jika video musik Baby hanya ingin menjadi trending karena menyelipkan nuansa LGBT. Padahal faktanya karya Clean Bandit yang satu ini justru bisa dibilang sebagai tamparan keras pada kaum LGBT. Kok bisa?

Bukan bersikap mendukung LGBT, justru di video musik Baby ini Clean Bandit berusaha menyampaikan sikap kontranya pada kaum-kaum tersebut. Lagu Baby mengisahkan tentang pasangan lesbi yang hubungannya berawal dari masa-masa indah di sekolah. Namun hubungan mereka diharuskan berakhir karena salah satunya telah menikah dengan seorang pria.

Wanita yang satu telah menyadari jika hubungan sejenisnya bukanlah sebuah cinta dan merupakan hal yang salah. Meski ia digambarkan sangat susah melupakan pasangan lesbinya hingga masih saja berharap dapat bersatu dengan pasangan lesbinya, namun sang wanita tetap teguh pada pendirian untuk mencintai manusia yang lebih pantas, yaitu seorang pria. Ini terbukti dari cara si wanita yang lebih memilih tetap berada di pelukan suaminya ketimbang harus mengejar kembali pasangan lesbinya yang terus menghantui pikirannya.

Aku sudah mempunyai orang lain,” sepenggal lirik dari lagu Baby.

Nah, nilai yang dapat diambil dari lagu ini adalah bahwa setiap manusia pada intinya harus kembali pada kodratnya masing-masing. Wanita jadilah wanita, pria jadilah pria. Berpasanganlah dengan lawan jenis. Tuhan itu menciptakan Adam dengan Hawa, bukan Adam dengan Steve. Semua akan indah pada waktunya. Meski susah untuk menghilangkan kelainan semacam itu, namun sejatinya setiap manusia telah diberi kemampuan untuk berusaha. Ya, kan?

3. Rockabye feat Sean Paul & Anne Marie (2016)

Dari artinya saja sudah jelas, Rockabye memiliki makna yang sangat mendalam. Rockabye yang artinya bisa diibaratkan seperti ‘Nina Bobo’ ini menceritakan tentang perjuangan hidup seorang janda demi membesarkan sang buah hati. Sayangnya, faktor ekonomi yang kurang serta susahnya mencari lapangan pekerjaan membuat sang ibu harus rela bekerja menjadi seorang penari striptis.

Ia tahu bahwa pekerjaannya bukanlah suatu pekerjaan yang baik. Bahkan ia tak pernah ingin sang anak terjerumus ke dalam hal-hal buruk. Meski ia hanya seorang penari , tapi ia juga berhak berharap kalau sang anak kelak mendapatkan pekerjaan yang layak dan mampu meraih impiannya.

Maka dari itulah, dari pekerjaannya sebagai seorang penari ia mampu menafkahi sang anak hingga ke jenjang pendidikan yang layak. Ia pun sadar kalau hidup di dunia malam bukanlah suatu tanpa resiko. Dengan ‘rockabye’, sang ibu terus saja menenangkan anaknya bahwa keadaan mereka akan selalu baik-baik saja. 

Dari sini bisa kita petik bahwa apa yang terlihat buruk tak selamanya buruk. Dan tak selamanya hal yang terlihat buruk dilakukan atas dasar kesenangan semata. Semua orang punya alasannya masing-masing. Jangan pernah menilai sesuatu dari luarnya. Memang ia hanya seorang penari striptis, tapi tak banyak yang tahu pula kalau ia punya seorang anak yang harus ia beri makan dan ia besarkan dengan penuh kasih sayang. Dan bahkan ia sendiri pun tak berharap anaknya terjerumus ke dunia gelap.

Itulah 3 pelajaran hidup yang dapat kamu ambil dari karya-karyanya Clean Bandit. Bagaimana menurutmu?