3 Media Untuk Jago Bahasa Inggris Bagi Pemula

69
image/pinterest

Di tahun 2020 ini generasi milenial pasti tidak asing lagi dengan  bahasa Inggris, yang disebut juga dengan bahasa internasional. Bahasa yang dapat menghubungkan berbagai orang dari berbagai negara.

Jika kalian mempunyai kemampuan dalam berbahasa Inggris, kalian bisa berkomunikasi dan berteman dengan orang asing. Lalu, bagaimana  jika kalian tidak mempunyai  kemampuan berbahasa Inggris? Don’t be worried, be happy. Kalian bisa menggunakan 3 media ini untuk belajar bahasa Inggris.

  • Lagu

Lagu merupakan media yang paling efektif dan menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris karena lewat lagu, kalian bisa belajar bahasa Inggris tanpa ada beban. Selain bisa untuk menghibur diri dengan mendengarkan lagu, kalian juga bisa belajar pronounciation atau pengucapan dengan bernyanyi.

Cara belajar bahasa Inggris dari lagu yaitu : carilah lagu yang slow dan easy listening, dengarkan bagaimana si penyanyi mengucapkan lirik dari lagu dengan baik, putar lagi lagunya dan ikutlah bernyanyi. Ulang terus sampai kalian bisa mengucapkan lirik lagunya dengan baik.

  • Film

Salah satu media yang disarankan untuk belajar bahasa Inggris adalah film. Bagi kalian yang mempunyai hobi menonton film, gunakanlah film sebagai media untuk belajar bahasa Inggris. Tentunya kalian harus menonton film yang berbahasa Inggris ya.

Namun jika kalian masih mengalami kesulitan, kalian bisa menggunakan subtitle. Jadi kalian bisa tahu cara pengucapannya dan arti dari kata dan kalimat dialog tersebut. Disarankan pilihlah film yang berdurasi singkat dan menghibur, agar kalian tidak bosan menontonnya.

Caranya, tontonlah film yang berbahasa Inggris tanpa subtitle. Kemudian dengarkan kata dan kalimat dari dialog di film tersebut. Lalu kalian bisa mencatat kata, kalimat tersebut sebisa kalian. Jika kurang jelas putarlah film tersebut berulang kali.

  • Kamus Digital

Kamus digital merupakan salah satu solusi jika kalian malas membawa dan menggunakan kamus secara manual. Hanya dengan mengunduh aplikasi kamus digital di smartphone, kalian bisa menggunakannya di manapun dan kapanpun.

Dan menggunakan kamus digital merupakan cara yang praktis untuk kalian bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya.

Contohnya, jika kalian sedang mendengarkan lagu, dan ada beberapa kata di dalam lirik lagu tersebut yang tidak kalian tahu artinya, kalian bisa membuka kamus digital di smartphone kalian.

Caranya sangat mudah yaitu buka kamus digital di smartphone kalian. Kemudian, pastikan mode bahasa dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia di kamus digitalmu.

Ketik kata yang akan kalian terjemahkan. Terakhir, kata yang akan kalian ketik dan terjemahannya akan muncul di layar kamus digitalmu. Oh ya perlu diingat, kamus digital ini hanya bisa menerjemahkan dalam bentuk kata saja.

Jadi, bagi kalian yang ingin jago berbahasa Inggris, gunakanlah tiga media yang praktis dan mudah yang ada di artikel sesering mungkin dan seringlah berlatih menggunakan bahasa inggris. Semoga artikel ini bermanfaat. Have a nice day!