3 Hal Ini Harus Diperhatikan Ketika Kamu Melamar Kerja

14

Mungkin sebagian dari kita masih beranggapan bahwa orang yang kuliah di perguruan tinggi baik itu swasta maupun negeri dan lulus dengan gelar “sarjana” dibelakang namanya adalah suatu yang hebat.

Kita pun juga akan berpikir akan mudah mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan tanpa bersusah payah mendapatkan pekerjaan yang kita mau. Tapi nyatanya, tahukah kamu mendapat gelar sarjana untuk kehidupan di era sekarang ini bukanlah hal yang luar biasa. Beberapa perusahaan saat ini, mencari karyawannya bukan memandang gelar dari pendidikan terakhir yang dicapainya. Akan tetapi mereka mengukur dan mempertimbangkan kinerja kita dari beberapa hal berikut, diantaranya :

  • Soft skill yang kita miliki

Soft kill menjadi sorotan utama saat ini ketika kita akan melamar kerja. Dari hal inilah biasanya bagian penyeleksi berkas dan lainnya akan mengukur kemampuan yang kita miliki dengan kandidat dari karyawan yang mereka butuhkan. Jika soft skill yang dibutuhkan cocok, maka siap-siap kamu akan bergabung bersama mereka untuk memajukan perusahaan yang mereka geluti saat ini. Namun sebaliknya, jika soft skill yang kalian miliki kurang sesuai atau bahkan tidak sesuai maka berlapang hatilah bahwa kamu belum bisa direkrut.

  • Pengalaman

Pengalaman menjadi sorotan utama juga ketika kamu melamar pekerjaan. Biasanya para penyeleksi lebih memilih pelamar yang memiliki banyak pengalaman yang tentunya cocok dengan posisi yang mereka inginkan. Pertanyaannya, darimana kita mendapatkan pengalaman yang diinginkan oleh perusahaan yang kita lamar? Kamu bisa mendapatkan dari lingkungan sekitar seperti lingkungan kampus, masyarakat, dan masih banyak lagi. Dari pengalaman tersebut, biasanya kamu akan bisa mengembangkan soft skill yang kamu miliki.

  • Jurusan yang kita ambil ketika kuliah

Usahakan ketika kamu melamar suatu pekerjaan, kamu cari yang sesuai dengan jurusan kamu ketika kuliah. Kenapa? Jika tidak kamu justru akan kesulitan dan bingung sendiri dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu nanti. Jangan pernah berpikir “yang penting sekarang dapat kerja”. Kenapa? Jika kamu terus menanamkan hal ini, kamu justru akan menyiksa dirimu sendiri dan juga membuat masalah baru di tempat kerjamu nanti.

Nah itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika kamu melamar kerja. Jangan mentang-mentang sarjana juga, kamu jadi memudahkan semua hal. Ada baiknya kamu bersikap sebagaimana mestinya, dan tidak memaksakan diri untuk menempati suatu posisi yang sebenarnya membuatmu tidak nyaman di posisi tersebut.